Lihat ke Halaman Asli

Mhd IhsanDaulay

Mahasiswa Universitas Pamulang

Database Manajemen Sistem

Diperbarui: 27 Maret 2023   23:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Tahukah anda, dimana data dan informasi yang disediakan untuk di akses secara cepat dan akurat sangatlah penting bagi semua kalangan organisasi, baik organisasi perusahaan, perguruan tinggi, maupun lembaga pemerintahan, dikarenakan perkembangan pesat pada teknologi komputer dan telekomunikasi, menjadikan penyimpanan manual sudah tidak relevan lagi, selain mempunyai risiko tinggi, penyimpanan tertulis kurang praktis, Oleh sebab itu maka perlu sesuatu penyimpanan yang bekerja layaknya gudang data yang kemudian dikenal sebagai database

APA PENGERTIAN DARI DATABASE MANAJEMEN SISTEM

Database adalah kumpulan data atau informasi  yang disimpan dalam sistem  komputer. Pada dasarnya database ini diisi dengan data yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu yang diperlukan.

Intinya DBMS (Data Manajemen Sistem) merupakan software yang dilakukan untuk menyimpan, mengelola, sehingga dapat dipastikan data-data tersebut tersimpan dengan aman.

Dengan menggunakan DBMS, maka user dapat membuat, membaca, memperbarui, serta menghapus data yang ada di database

JENIS-JENIS DBMS (DATABASE MANAJEMENT SISTEM)

Setelah kita mengetahui Pengertian dari database management system atau DBMS, selanjutnya adalah apa saja jenis--jenis DBMS. Berikut penjelasannya:

  • HIERARCHICAL DATABASE

Jenis DBMS yang pertama  adalah  basis data hirarkis atau hirarki basis data. Manajemen data terhubung sebagai struktur induk-anak. Database itu juga menyimpan informasi tentang kelompok ibu dan anak. Contoh dari beberapa basis data hierarki meliputi:  RDM Mobile, XML dan XAML, Windows Registry dan lain sebagainya

  • NETWORK DATABASE

 Jenis lainnya adalah database dalam bentuk struktur jaringan antar unit. Tampaknya menjadi bentuk turunan dari database hirarkis, tetapi mungkin memiliki hubungan dengan entitas lain . Contoh network database seperti IDS ( Integrated Data Store), IDMS (integrated data management system), TurboIMAGE dan lain sebagainya.

  • RELATIONAL MODEL

Jenis DBMS berikutnya adalah basis data relasional, yang merupakan model yang paling umum digunakan karena kesederhanaannya. Model data relasional disimpan dalam struktur tetap dan dapat dimodifikasi menggunakan SQL.

  • OBJECT-ORIENTED MODEL

Dalam object-oriented database, data disimpan dalam bentuk objek. Struktur yang disebut sebagai "classes" akan memperlihatkan data yang ada di dalamnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline