Lihat ke Halaman Asli

Ihsan

Mahasiswa

Peranan Penggunaan E-Business pada Masa Sekarang Ini

Diperbarui: 1 Maret 2022   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Dalam zaman yang serba digital ini memudahkan kita dalam melakukan segala aktifitas yang kita inginkan. Kita tidak usah lagi repot-repot dalam mencari data dan menyusun data, apalagi sampai mencari buku ke perpustakaan dan Gramedia yang pada zaman dahulu itu merupakan hal yang biasa dilakukan, sekarang tinggal tulis keyword apa yang kita ingin cari di kolom pencarian internet semua data akan muncul dengan cepat, bahkan kegiatan bisnis suatu perusahaan bisa dikerjakan dengan memanfaatkan fasilitas digital ini.

E-Business datang untuk mempermudah kegiatan bisnis suatau perusahaan dengan mengandalkan kemajuan teknologi pada zaman ini. Dengan sistem E-Business ini perusahaan akan cepat berkembang dan juga dapat dikenal masyrakat luas yang mengakibatkan peningkatan laba suatu perusahaan. Begitu besar keunggulan adanya E-Busines ini bagi perusahaan.

Jenis-jenis E-Business

  1. Perdagangan antara perusahaan bisnis/Business To Business (B2B) Sesuai Namanya bisnis ini sering dipakai antara perdagangan kedua perusahaan yang dimana kedua perusahaan ini tidak harus bergerak di industri yang sama, tetapi boleh juga berbeda yang intinya transaksinya dilakukan secara digital.
  2. Perdagangan antara perusahaan bisnis dengan konsumen/Business To Consumer (B2C)Yaitu kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan dengan konsumennya atau pelanggan yang dimana dilakukan secara daring atau melalui digital.
  3. Perdagangan antara konsumen dengan konsumen/Consumen To Consumen (C2C) Jadi bisnis ini dilakukan oleh konsumen yang menjual barang atau produk suatu perushaan yang dimana dia membeli terlebih dahulu barang atau produk tersebut kemudia dia menjual kembali ke konsumen lain, lagi-lagi bisnis ini menggunaan sistem digital.
  4. Perdagnagan antara konsumen dengan perusahaan bisnis/Consumer To Business (C2B)Jenis E-Business yang terakhir ini system yang digunakan sama dengan sebelumnya yaitu memanfaatkan media digital tetapi transaksinya itu antara konsumen dengan perusahaan, yang dimana konsumen memberitahukan apa yang konsumen cari atau butuhkan kemudian baru para perusahaan yang mencari untuk dijual kepada konsumen.

Manfaat E-Business bagi perusahaan

            Sebelumnya penulis sudah menjelaskan terkait jenis-jenis E-Business, ada lagi hal penting ketika perusahaan menggunakan E-Business yaitu manfaatnya dari E-Business itu sendiri. Penulis akan menyebutkan beberapa menfaat dari E-Business untuk perusahaan yaitu;

  • Biaya 

Manfaat yang pertama yang dirasakan adalah dari segi biaya. Ketika perusahaan menggunakan E-Business maka biaya operasional yang dikeluarkan akan menjadi murah dari sebelumnya, karena dengan E-Business semuanya diatur melalui digital, baik promosi dan lain-lain. Hanya saja proses produksi dan pegiriman barang yang masih menggunakan biaya seperti semula.

  • Konten

Dengan E-Business informasi suatu produk yang dimiliki perusahaan akan bisa dengan mudah tersebar dengan luas, artinya promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan tidak lagi dengan menyebarkannya melalui media cetak, tetapi bisa dengan mudah dengan melalui media digital yang mudah untuk di posting dan disebarkan. Apalagi dengan media digital informasi bisa disebarkan secara up-to date sehingga para konsumen bisa dengan cepat melihat produk dan bisa tertarik melihat produk perusahaan.

  • Kenyamanan

Manfaat selanjutnya adalah kenyamanan. Kenyamanan adalah hal yang pertama kali yang harus diperhatikan perusahaan untuk para konsumennya. Dengan kenyamanan konsumen dalam mencari informasi produk, maka akan membuat daya tarik tersendiri yang menjadi nilai plus bagi perusahaan. Apalagi di zaman yang serba digital ini konsumen bisa dengan mudah membeli sebuah produk dengan hanya klik saja tidak harus pergi ke tokonya terlebih dahulu.

  • Konektifitas

Jaringan yang baik dalam kegiatan E-Business merupakan suatu komponen penting. Dengan jaringan yang bagus maka perusahaan bisa memasarkan produknya secara cepat dan up to date, bahkan dengan jaringan yang baik maka perusahaan bisa langsung cepat merespon permintaan konsumen sehingga konsumen merasakan kenikmatan menggunakan E-Business. Selain itu dengan E-Business informasi suatu produk bisa tersebarkan secara luas sampai penjuru dunia, sehingga lagi-lagi bisa menaikan laba suatu perusahaan.

Penerapan E-Business

Penerapan E-Business  pada saat sekarang ini memang merupakan langkah tepat yang harus segera diambil oleh banyak perusahaan, karena banyak sekali manfaat yang terdapat dalam pemanfaatan E-Business ini. Bahkan selain perusahaan manfaat E-Business bisa dirasakan oleh beberapa pihak seperti:

  • Bagi para investor

Dengan E-Business ini para investor sangat dimudahkan mendapat informasi yang ada di perusahaan bisnis. Sehingga para investor tidak usah risau terhadap uang yang ingin diinvestasikan pada perusahaan tersebut. Didalam E-business sudah terdapat laporan-laporan keuangan yang dimiliki perusahaan sehingga investor bisa menilai kinerja perusahaan tersebut, selain itu banyak juga informasi yang bisa didapatkan oleh investor ataupun pengumuman-pengumuman penting tentang perusahaan tersebut yang sedang di amati oleh investor.

        Walaupun  banyak keuntungan yang bisa didapat oleh investor, hal yang sangat disayangkan adalah Ketika perusahaan yang sedang diamati belum meng-update informasi pada E-Businessnya. Maka dari itu perusahaan bisnis harus  cepat meng-updatenya Ketika terjadi perubahan pada perusahaannya, agar informasi yang disajikan di E-Business itu up to date dan bisa lebih banyak menguntungkan perusahan karena akan banyak investor yang melihat informasi perusahaannya itu berarti kemungkinan akan banyak investor yang menginvestasikan dananya ke perusahaan tersebut. Tapi balik lagi dengan catatan perusahaannya itu harus memiliki daya Tarik yang kuat kepada investor.

  • Bagi para konsumen

Bagi para konsumen E-Business ini juga memiliki dampak yang berarti. Walaupun para konsumen tidak terlalu membutuhkan informasi keuangan pada perusahaan bisnis. Para konsumen bisa mendapatkan informasi produk-produk yang terdapat pada perusahaan tersebut. Seperti keunggulan produk tersebut, harga produknya, dan lain sebagainya. Dalam artian E-Business ini bisa dijadikan sebagai media promosi bagi perusahaan untuk mengiklankan produknya, sehingga ketika banyak konsumen yang melihat maka akan menjadi daya tarik tersendiri untuk para konsumen membeli produk perusahaan.

  • Bagi para pencari pekerjaan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline