Lihat ke Halaman Asli

Umam

Penulis

Kemenag Maluku Utara Optimalkan Data EMIS di 10 Kabupaten/Kota

Diperbarui: 10 Desember 2023   06:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peserta Kemenag Malut yang melakukan kegiatan optimalisasi data Education Management Information System (EMIS)/Dok  Kemenag Malut


TERNATE - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Utara melakukan optimalisasi data Education Management Information System (EMIS) sebagai Data Pokok Sekolah dan Pendidikan.

Kepala Kanwil Kemenag Malut, H. Amar Manaf Sabtu (9/12) di Ternate mengatakan EMIS tahun 2023 ditujukan untuk melakukan perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menangani data.

Sebab lewat operator yang menangani pendataan ini, terang Amar, berpengaruh besar terhadap kebijakan untuk pengadaan sarana prasarana baik madrasah negeri maupun swasta melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Saya mengharapkan pada kegiatan ini agar seluruh teman-teman yang menjadi operator emis (peserta) bekerja secara maksimal, mulai dari level bawah sampai level atas untuk mengontrol seluruh data BOS yang ada," tandasnya.

Terpisah Kabid Pendidikan Islam Kemenag Malut, Abdul Rahman M Ali menyampaikan dengan penguatan EMIS yang lebih baik maka manfaatnya akan dirasakan melalui bantuan yang diberikan.

Memang, kata dia, terdapat kendala seperti jaringan yang kurang bagus di kabupaten kota, apalagi semua dikerjakan sudah berbasis online.

"Karena itu dengan keterhambatan, kita panggil seluruh operatornya untuk bikin langkah dan penguatannya seperti apa agar data itu terinput dengan baik," tutupnya.

Untuk diketahui peserta yang hadir berasal dari dua orang perwakilan operator EMIS Kabupaten/Kota. Baik itu dari Madrasah dan Sekolah Umum yang didalamnya terdapat guru Pendidikan Agama Islam (PAI).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline