Mahasiswa KKNT MBKM Universitas Slamet Riyadi Surakarta dari kelompok 48 melaksanakan sosialisasi tentang pemasaran bagi ibu-ibu PKK Dusun Brongkos. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Agustus 2022 bertempat di Rumah Ketua RT 002 RW 001 Dusun Brongkos, Desa Sambi, Kecamatan Sambi. Acara ini dihadiri oleh Ibu-ibu PKK setempat, tujuan dari program kerja yang saya laksanakan yaitu meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya ibu-ibu tentang pemasaran produk, selain itu dengan adanya program ini penulis dapat berkontribusi dalam peningkatan taraf hidup masyarakat dusun brongkos.
Pemasaran ialah suatu proses terpadu dan terencana yang dilakukan oleh suatu organisasi dalam usaha peningkatan permintaan pasar akan suatu produk yang ditawarkan. secara sederhana, pemasaran juga dapat diartikan sebagai proses pengenalan produk kepada pasar akan suatu produk dapat diterima serta mendapat respon baik dari calon konsumen. Aspek-aspek untuk pemasaran dapat meliputi bidang periklanan, pormosi, distribusi, penjual, daan pelayanan konsumen.
Terdapat beberaapa poin penting yang perlu diperlu dipertimbangkan dalam menentukkan strategi Pemasaran antara lain,
- Produk (Product), yaitu item yang ditawarkan dari produsen ke konsumen
- Harga (Price), yaitu nilai yang ditawarkan untuk setiap produk
- Tempat (Place), hal ini merujuk pada proses distribusi produk yang ditawarkan
- Promosi (Promotion), setiap kegiatan dalam menyampaikan informasi mengenai produk agar dapat diketahui oleh konsumen.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H