Lihat ke Halaman Asli

Igoendonesia

TERVERIFIKASI

Catatan Seorang Petualang

Sirince, Desa Kuno nan Jelita di Turki yang Menjadi "Safe House" Kiamat

Diperbarui: 7 Juni 2024   16:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Sirince (Dok. Kolase foto dari Tour ke Turki)

"Merhaba..."

Sapaan yang berarti 'Hallo' dalam Bahasa Turki, menyambut hangat saat kita memasuki sebuah desa kuno nan cantik di Distrik Selcuk, Provinsi Izmir, Turki. irince - nama desa itu -- memiliki daya tarik yang komplit sebagai destinasi wisata, yaitu, sejarah yang kaya, pemandangan indah, sajian lezat dan warga yang ramah.

Saat trip menjelajahi Sirince, kita seperti terbawa ke masa ratusan tahun silam. Bagaimana tidak, misal dari sisi arsitektur, desa itu masih mempertahankan bangunan kuno ala-ala Helenistik periode Yunani Kuno. Rumah, pasar, kedai dan hotel yang ada di situ gayanya hampir seragam, selain itu, ornamen eksterior dan interiornya juga tradisional.

Bentang alamnya juga mendukung Sirince untuk menjadi semakin indah. Lokasinya terletak di perbukitan nan permai. Pada sekeliling desa dipenuhi dengan hamparan kebun anggur, apel, zaitun, kenari, persik dan buah lainnya yang menghijau. Hawanya juga suwejukee pooll...

sirince di Perbukitan (Dok. Tour ke Turki)

Kendaraan umum juga dibatasi lalu-lalang di jalan desa yang terbuat dari batu yang ditata rapi itu. Oleh karenanya, kita leluasa saat mengeksplorasi desa eksotik itu tanpa terganggung mobil atau motor yang wara-wiri lewat.

Lebih lanjut, warganya juga sepertinya sudah ramah dari sononya dan terdidik untuk friendly dengan wisatawan. Mereka banyak yang berpakaian tradisional, kemudian menu jualannya juga pernak-pernik buah tangan yang menawan, seperti pakaian, aksesoris, minyak wangi, sabun tradisional dan lainnya.

Salah satu ornamen khas yang banyak dijadikan hiasan dinding, pernak pernik, gantungan kunci, motif kain adalah simbol berbentuk mata biru indah yang disebut Nazar Boncugu atau Muncuk. Simbol itu dipercaya sebagai tanda keberuntungan yang mampu menangkal niat jahat orang lain kepada kita (evil eye).

Sirince, Surganya Wine

Gerai Wine di Sirince (Dok. Ephesus Breeze)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline