Lihat ke Halaman Asli

Igoendonesia

TERVERIFIKASI

Catatan Seorang Petualang

7 Peninggalan Purba di Purbalingga!

Diperbarui: 8 Juli 2023   07:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Narasi : @Igoendonesia Grafis: @docudal

7 PENINGGALAN PURBA DI PURBALINGGA

Purba yang menyusun kata Purbalingga bukanlah isapan jempol belaka. Ternyata memang banyak peninggalan purbakala terserak di kabupaten yang ada di Kaki Gunung Slamet itu.

Sejak 1981, arkeolog dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional dan Balai Penelitian Arkeologi Yogyakarta sudah mencurahkan perhatian ke Purbalingga. Salah satu arkeolog spesialis pra sejarah yang getol melakukan penelitian adalah Prof. Harry Truman Simanjuntak.

Selama bertahun-tahun, penelitan arkeologi yang difokuskan di wilayah sisi timur Gunung Slamet itu telah menemukan 22 situs bengkel batu prasejarah, 21 punden berundak, 8 menhir, dan 42.000 peralatan batu lainnya. Temuan tersebut berasal dari zaman megalitikum, neolitikum sampai proto sejarah.

Menurut Prof Truman, penemuan puluhan situs purbakala itu merupakan bukti jika wilayah tersebut dulunya merupakan wilayah hunian dari salah satu manusia purba Ras Austronesia. Manusia era 'Flintstone' itu tinggal sejak 3.500 an tahun lalu.

Berikut ini adalah 7 peninggalan purbakala di Purbalingga yang sudah ditetapkan sebagai situs / benda cagar budaya :

MENHIR VAN DAGAN

Narasi : @Igoendonesia Grafis: @docudal

Menhir merupakan salah satu benda yang menjadi ciri jaman megalithikum alias jaman batu besar. Menhir berupa batu tunggal atau beberapa yang ditatah seperlunya sehingga berbentuk tugu dan diletakan berdiri tegak di atas tanah. Fungsinya sebagai sarana dalam upacara pemujaan maupun penguburan masyarakat pra sejarah.

Peninggalan Menhir di Purbalingga ada di Dukuh Mujan, Desa Dagan, Bobotsari. Ada dua lokasi temuan menhir di dukuh yang letaknya berdekatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline