Lihat ke Halaman Asli

Igoendonesia

TERVERIFIKASI

Catatan Seorang Petualang

Ice Bucket Challenge: Beramal Lewat Guyuran Es

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14091145361334572347

"Saya mengusulkan membuat acara serupa tapi beraroma Indonesia, "Eat Jengkol Challenge". Donasi yang terkumpul juga untuk kegiatan amal di Indonesia"


Apa sih menariknya Ice Bukcet Challenge, menyiramkan seember air es dari kepala hingga membasahi seluruh badan yang mengakibatkan mengigil kedinginan? Kok rame banget di media sosial. Selebriti, atlet, sosialita dan pesohor di berbagai bidang dari berbagai penjuru dunia berlomba-lomba melakukannya.

Penasaran, saya jadi ingin tahu lebih dalam. Oh, ternyata Ice Bucket Challenge itu sebuah kampanye penggalangan dana. Caranya dengan menantang orang untuk diguyur air es dan mengunggahnya di media sosial. Kalau tidak berani menyambut tantangan, Ia harus menyumbang 100 dollar. Kalau berani, ya tetap diminta menyumbang 10 dollar dan berhak menantang tiga orang lainnya, langsung atau via media sosial. Begitu seterusnya. Dana yang terkumpul kemudian disalurkan ke sebuah yayasan bagi penderita Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), penyakit saraf motorik.

Aksi ini bermula dari kisah pemain Boston College Baseball, Pete Frates, yang didiagnosis menderita ALS. Dia dan sahabatnya, Correy Griffin, 28, menggagas ide kreatif itu. Dimulai pada 29 Juli lalu, hanya dalam waktu singkat, padat dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya tantangan itu mewabah karena melibatkan para pesohor. Dimulai dari Boston, aksi ini mendunia bak virus.

Wajar saja, kalau selebriti dunia yang melakukan sudah pasti menarik perhatian, lalu diikuti para penggemarnya. Selain itu, karena melibatkan seleb yang digilai banyak orang, Ice Bucket Challenge berubah menjadi tontonan menarik. Siapa sih wanita yang gak histeris melihat tubuh-tubuh atletis idola mereka sepeti Justin Bieber, Zac Effron, Ben Affleck, James Franco atau Robert Patinson basah-basahan. Bintang sepakbola tampan Cristiano Ronaldo bahkan melakukanya dengan hanya mengenakan kancut. Para wanita bisa jadi ikut menjerit genit saat menyaksikan air es menimpa tubuhnya dan membuatnya menggigil kedinginan.

Deretan pesohor perempuan Hollywood juga tak mau kalah. Mereka yang cantik dan bertubuh seksi seperti Katy Perry, Taylor Swift,  Demi Lovato, Selena Gomez, Jennifer Lopez, Oprah Winfrey, Cheryl Cole, Eva Longoria dan puluhan artis Hollywood rame-rame menerima tantangan itu. Sudah barang tentu melihat tubuh mereka tersiram air es merupakan pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

[caption id="attachment_339837" align="aligncenter" width="504" caption="Justin Bieber ikut Ice Bucket Challenge (www.ibtimes.co.uk)"][/caption]

Aksi-aksi mereka terguyur dan diguyur air es menjadi berita hangat. Gambar-gambar mereka yang tengah kedinginan dengan berbagai gaya dan ekspresi bertebaran di media sosial.

Tak hanya artis dan atlet, mantan presiden AS George W. Bush, pengusaha dan trilyuner Bill Gates hingga pendiri Facebook, Mark Zuckerber ikut tantangan itu. ALS Ice Bucket Challenge juga merambah ke Korea, China dan India. Seleb dari negara-negara itu seperi personel Super Junior Siwon dan Leetuk, Suzy Miss A, Aktor Andy Lau dan Abishek Bachan mengikutinya.

Para public figure Indonesia tak ketinggalan mengikuti aksi ini. Pesepakbola Bambang Pamungkas, Irfan Bachdim, kemudian artis Luna Maya, Julia Peres, Penyanyi Syahrini, Agnez Mo, Raisa, pasangan suami istri BCL dan Ashraf Sinclair sampai comic Panji, Raditya Dika diberitakan ikut tantangan ini. Daftarnya tentu saja akan bertambah karena mereka menantang rekan-rekanya untuk mengikutinya.

Selebriti selalu bisa membuat banyak hal menjadi sangat populer dalam waktu yang cukup singkat. Kita bisa menyebutnya sebagai'Selebrities Effect'. Efek para selebritis ini akan membuat para penggemar mudah mencontohnya. Dalam hal ini, Ice Bucket Challenge merupakan contoh yang baik. Beramal, bisa lewat kegiatan yang menyenangkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline