Lihat ke Halaman Asli

Analisis Media Online Bersama Paul Bradshaw

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1426778279411710652

Setiap media online memiliki berbagai macam jenis dan juga karakter yang berguna untuk menarik pembacanya agar berlama-lama membaca tulisan yang ada di media online. Kali ini kita akan menganalisis penulisan artikel maupun konten, menurut prinsip-prinsip dasar jurnalisme online, media tersebut adalah MediaIndonesia.com.

Beberapa aspek yang perlu adanya evaluasi terkait prinsip jurnalisme online yang terdapat dalam sepuluh artikel media online MediaIndonesia.com yang telah dianalisis menurut Paul Bradshwa B-A-S-I-C.  Ada beberapa aspek yang masih kurang dan terlihat dari artikel-artikel maupun berita yang berada di MediaIndonesia.com.

Dari sepuluh berita yang ada, analisis yang benar terlihat adalah kurangnya hyperlink atau link sebagai sumber lain yang menjadi pedoman sang penulis dan informasi untuk pembaca agar informasi yang disampaikan bisa dikatakan benar adanya.

Dilihat dari segi Kemampuan beradaptasi (Adaptabilty), atau kemampuan untuk memudahkan pembaca untuk memberikan pendapat maupun membagikan kepada masyarakat luas, MediaIndonesia.com memberikan fasilitas seperti adanya media social Facebook, Twitter, Path dan kotak pesan dimana mereka yang ingin memberikan komentar ataupun tanggapan bisa mengirimkan langsung tanpa memperlihatkan pesan apa yang dikirim.

Masih kurangnya media penunjang seperti Audio, Video, audio slidshows, animation, flash interctivity, database-driven elements, live chats, mapping dan mashups, menjadi titik kekuragan di dalam berita atau diartikel. Namun tulisn yang ada dibantu dengan ada still imasge atau foto yang memberikan data secara visual kepada pembaca.

Di dalam tulisan masih terlihat kekurang yang cukup menonjol dari sepuluh berita/artikel yang ada. Beberapa tulisan yang ada dari sepuluh tersebut dalam satu paragraph rata-rata terdiri dari dua sampai tiga kalimat yang masing-masing kalimat rata-rata kata sekitar 60-70. Lalusecara  Scannability tulisan-tulisan yang dimuat di mediaIndonesia.com mudah untuk dicerna oleh pembaca, artinya tulisan-tulisan yang ada mudah dipahami namun tidak melupakan aspek pesan yang disampaikan.

MediaIndonesia.com masing memiliki kekurangan secara interaktivitas, maksutnya komunikasi dari publik kepada jurnalis sangat dimungkinkan dengan adanya akses yang semakin luas. Audiens dibiarkan untuk menjadi pengguna (user). Artinya masih kurangnya interaktivitas dari pembaca ke pembaca lainnya untuk saling beraktivitas.

Namun dibalik kekurangan tersebut, MediaIndonesia.com sudah sangat baik dalam memberikan informasi kepada khalyak luas. Kemudahan dan juga berbagai macam fitur didalam blog yang dapat di maksimalkan oleh pembaca untuk mendapatkan informasi secara utuh.

14267782331180805650




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline