Lihat ke Halaman Asli

Ifa Hikmah

Mahasiswa

Di Balik Bisnis Hewan Kurban yang Menggiurkan

Diperbarui: 11 Juni 2024   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

unsplash.com

Lebaran Idul Adha sudah tinggal menghitung hari. Salah satu hari raya umat islam yang di sambut dengan suka cita dengan tradisi berkurban. 

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang memanfaatkan peluang tersebut untuk berbisnis hewan kurban.
Selain menunaikan ibadah haji, umat islam juga dianjurkan berkurban saat Idul Adha. 

Dengan demikian, momen berkurban yang dilakukan satu kali dalam setahun ini menjadi peluang yang menggiurkan bagi para pedagang hewan kurban. Pasalnya, saat menjelang Idul Adha permintaan hewan kurban meningkat. 

Bahkan, momen Idul Adha juga menjadi tren dadakan memulai berbisnis hewan kurban musiman. Hal tersebut dikarenakan, bisnis hewan kurban memang memberikan keuntungan yang besar dan menggiurkan.

Bisnis hewan kurban merupakan bisnis jual hewan ternak berupa sapi dan kambing guna menyediakan kebutuhan hewan kurban saat hari raya Idul Adha. 

Para pelaku bisnis yang membuka bisnis ini menjelang Idul Adha harus memperhitungkan kebutuhan hewan kurban yang melonjak dari hari-hari biasanya. 

Permintaan hewan kurban meningkat di seluruh wilayah Indonesia mengingat Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar. 

Permintaan hewan meningkat, persediaan hewan kurban pun meningkat dipasaran. Para pelaku bisnis harus bisa memutar otak agar bisnis hewan kurban dapat membuahkan hasil atau keuntungan. Tidak sedikit pedagang yang berbondong-bondong ke Ibu kota untuk menjual hewan ternaknya.

Bagi kamu yang memiliki rencana untuk membuka bisnis yang satu ini, ada beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain:

Hewan Ternak

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline