Lihat ke Halaman Asli

Ifa Hikmah

Mahasiswa

Pentingnya Membuat Target Ramadan untuk Memaksimalkan Ibadah di Bulan Puasa

Diperbarui: 14 Maret 2022   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://unsplash.com

Bulan ramadan kurang dari sebulan lagi. Orang-orang sudah mulai mempersiapkan dalam menyambut bulan ramadan dengan penuh gembira. Rindu terhadap bulan ramadan akhirnya akan segera terbayar. Namun, apa yang sebenarnya kita rindukan di bulan ramadan? Apa benar kita bahagia bertemu dengan ramadan?

Jangan-jangan saat sampai bulan ramadan malah lebih asik melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat dari pada fokus meningkatkan ibadah kita dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Maka dari itu untuk memaksimalkan ibadah di bulan ramadan, kita perlu membuat target ramadan.

Target adalah hal yang penting dalam hidup. Setiap orang perlu mempunyai target agar hidupnya terarah dan jelas akan tujuan apa yang ingin kita capai dalam hidup. Dengan adanya resolusi yang berisi target yang ingin dicapai, kita akan mencapai pada suatu yang lebih baik lagi.

Lalu, bagaimanakah dengan target ramadan? Pentingkah target ramadan? Tentu target ramadan adalah sebuah hal yang amat sangat penting dan tidak boleh dipandang sebelah mata.

Kebanyakkan dari kita merasa jenuh, tanpa arah, merasa begitu-begitu aja, dan cenderung menyia-nyiakan waktu kita adalah karena kita tidak punya tujuan atau target yang jelas yang harus dicapai dalam waktu dekat. Sebagian dari kita mungkin lebih cenderung menyukai hal yang langsung action. Selain itu, kita terkadang merasa malas membuat list targetan karena targetan sebelumnya tidak tercapai atau kurang sesuai harapan.

Padahal, target menjadi hal yang sangat penting untuk mengarahkan dan mengingatkan kita pada niat dan tujuan awal kita. Karena orang-orang yang banyak action pun pasti mempunyai target. Maka dari itu, target ramadan sangat penting untuk menjadi pengingat kita akan apa yang diharapkan selama bulan ramadan supaya ramadan kita tahun ini dapat maksimal.

Misalnya saja pada bulan ramadan kita ingin khatam Al-quran, tapi setelah masuk ramadan ternyata waktu kita banyak dihabiskan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat mislanya berselancar dimedia sosial dan rebahan seharian tanpa melakukan aktivitas apa pun. Di sinilah target ramadan sangat penting. Kita perlu adanya pengingat dan controller berupa target ramadan agar terarah dan tidak mengalir seperti air saja.

Setelah membuat taraget-target ramadan baik target ibadah maupun akhlak. Hal yang penting selanjutnyaa adalah cara kita mengimplementasikannya. Disinilah ujian terberatnya. Kita harus berkomitmen untuk melaksanakan target-target ramadan. Karena jika tidak berkomitmen kita tidak akan pernah bisa konsisten didalamnya sehingga target ramadan tidak akan pernah tercapai maksimal.

Tak terasa bulan terbaik, bulan ramadan semakin dekat. Sudah siapkah kita menyambutnya dengan memberikan amal terbaik? Mari kuatkan hati dan fisik dengan iman, mari kuatkan diri dengan ilmu dan amal. Semoga kita senantiasa berada dalam ketaatan dan dijauhkan dari hal-hal yang melalaikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline