Lihat ke Halaman Asli

Ifa Hikmah

Mahasiswa

Me Time untuk Kesehatan Mental

Diperbarui: 10 Februari 2022   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

unsplash.com

Ketika seorang teman bertanya “Apa jadwalmu weekend ini?” Mungkin sebagian dari kita menjawab, “Me Time”. Manusia adalah mahluk sosial yang berarti hubungan sosial sangat penting untuk kesejahteraan emosional maupun fisik. 

Di tengah padatnya rutinitas dan kesibukan, bagi sebagian orang me time mungkin menjadi sebuah kemewahan yang amat dinantikan, hehe. Memiliki waktu sendiri atau me time juga dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan mental, lho.

Dilansir dari halodoc.com, dengan melakukan me time kita dapat mampu menurunkan stres, meningkatkan produktivitas, dan mengembalikan lebih banyak energi. Berikut beberapa manfaat me time dan penjelasannya:

Recharge energi mental, refresh otak, dan bersantai

Tidak bisa dipungkiri bahwa  banyak beraktivitas dan bersosialisasi akan menguras energi mental kita. Saat itulah kita butuh waktu sendiri. Dengan me time kita bisa menenangkan diri dan mengistirahatkan pikiran kita sejenak. 

Kita mengisi ulang energi untuk menghadapi hari esok. Sejenak tanpa tanggung jawab kerja akan memberikan kesempatan pada diri kita sendiri untuk menjernihkan pikiran, fokus, lebih rileks, dan berfikir lebih jernih. Selain memulihkan pikiran ini juga dapat memulihkan tubuh sekaligus.

Meningkatkan konsentrasi dan Produktifitas

Terlalu banyak  yang harus dilakukan benar-benar dapat mengurangi fokus dan produktivitas. Me Time berperan dalam membantu kita melepaskan sejenak gangguan dan memungkinkan kita untuk fokus ke satu arah. Sendirian juga bisa menjernihkan pikiran sehingga bisa produktif kembali.

Mengenali diri sendiri

Selain untuk perenungan dan jeda sejenak dari hingar bingar aktivitas pekerjaan,  me time juga bisa menjadi waktu untuk lebih mengenali diri kita sendiri. Kita bisa memikirkan kembali apa yang kita inginkan dalam hidup. Selain itu, me time juga bisa menjadi sarana untuk evaluasi dan refleksi diri kita untuk lebih baik kedepannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline