Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Pentingnya Vaksin Melalui Pemberdayaan Remaja Desa Setu, Kecamatan Tarub-Tegal dengan Metode Peer Educator

Diperbarui: 27 November 2021   19:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Tegal (29/10/2021), Virus COVID-19 saat ini telah menyebar ke seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Beberapa negara sudah bebas dari paparan virus Covid-19, namun Indonesia masih terjerat bayang-bayang virus yang dapat merenggut nyawa ini. Pemerintah dan masyarakat serta pihak-pihak terkait harus bekerja sama dengan satu tujuan untuk menangani situasi ini guna memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah adalah dengan melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 pada masyarakat. 

Vaksinasi ini penting dilakukan sebagai bentuk perlindungan diri terhadap virus COVID-19. Salah satu manfaat vaksin adalah mencegah penularan virus. Apabila seseorang sudah mendapat vaksin COVID-19, maka jika suatu saat ia terpapar virus COVID-19 tubuhnya dapat dengan cepat membentuk antibodi untuk melawan virus tersebut. Salah satu penghambat dalam percepatan vaksinasi COVID-19 adalah beredar luasnya berita bohong (hoaks) mengenai vaksinasi COVID-19 di kalangan masyarakat sehingga masih banyak masyarakat yang enggan untuk divaksin. Apalagi anak remaja yang masih labil dan suka berselancar di media sosial pasti dengan mudah mendapatkan berita bohong dan termakan omongan yang memprovokasi terkait bahaya vaksin yang sebenarnya informasi tersebut salah. 

Oleh karena itu, perlu adanya edukasi mengenai pentingnya vaksinasi COVID-19 dan manfaat vaksin bagi tubuh kepada remaja sehingga percepatan vaksinasi COVID-19 dapat berjalan. Edukasi mengenai pentingnya vaksinasi COVID-19 kepada remaja Desa Setu, Kecataman Tarub. Kabupaten Tegal dilaksanakan dengan cara sosialisasi door to door, dan menggunakan metode peer educator di mana remaja akan lebih merasa nyaman jika yang mensosialisasi adalah teman sebayanya. 

Sasaran utama adalah remaja Desa Setu RT 06 RW 01 di Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal yang belum melakukan vaksinasi COVID-19 baik dosis pertama ataupun selanjutnya. Sebelum melakukan edukasi mahasiswa sudah memberikan bimbingan dan informasi yang akurat ke remaja yang akan melakukan sosialisasi ke teman sebayanya. Mahasiswa KKN pun mendampingi remaja ketika akan mengunjungi rumah teman-temannya. Dalam pelaksanaan tersebut disertai dengan pembagian poster yang berisi informasi mengenai vaksinasi COVID-19.

Dok. Pribadi

Adanya edukasi tersebut dapat meningkatk kesadaran remaja Desa Setu akan pentingnya vaksinasi COVID-19 dan tak ragu melakukan vaksinasi. Tindak lanjut dari pelaksanaan program ini adalah memberikan informasi terkait tempat-tempat yang mengadakan pelaksanaan vaksinasi terdekat dan menanyakan kepada remaja apakah yang bersangkutan sudah mendapatkan vaksin COVID-19 atau belum.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline