Lihat ke Halaman Asli

Idris setiawan

Sang Pencinta Keheningan

Pendapat Penulis Biasa: Lawan Polusi Udara

Diperbarui: 7 September 2023   21:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc. PNGTREE

Polusi sedang menerjang Negara Indonesia. Disebabkan oleh beberapa faktor, dari pembakaran sampah, pembabatan hutan yang dibakar, asap kendaraan, dan asap pabrik.

Sudah seharusnya, kesadaraan terkait bahaya polusi di edukasikan ke masyarakat. Dengan cara penyuluhan ke desa - desa, sekolah dan tempat umum.

Dan untuk mengatasi terkait polusi yang sedang terjadi, mungkin dengan mengurangi kendaraan bisa mengurangi penyebaran polusi. Tapi itu saja tidak cukup.

Melakukan penenaman kembali hutan - hutan, dan sebagian area hijau perkotaan ditambah juga amat penting. Sebagai bantuan tambahan pemasok udara bersih yang dibutuhkan"O2".

Mengganti kendaraan dengan yang ramah lingkungan mungkin bisa juga menjadi jawaban, contohnya : yang biasa ke tempat kerja naik motor, sekarang naik KRL dan sebagainya.

Tapi, bila kita berpikir mengganti kendaraan bermotor dengan motor yang ramah lingkungan, beartikan kita mengharuskan masyarakat untuk membeli motor baru. Dan itu sepertinya tidak etis untuk disaat ini, walau mungkin sudah disubsidi pemerintah.

Sebab, jumlah kendaraannya tidak dikurangi dan melainkan ditambah.

Jadi menurut saya, untuk mengurangi polusi yang pertama adalah edukasi terkait bahayanya polusi, yang kedua mengurangi kendaraan yang beroperasi, dan kembali menanami sebagian area hijau perkotaan. 

Sedangkan untuk di wilayah perdesaan, dilarang untuk membakar disaat membuka perkebunan.

[SpK]

___________

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline