Lihat ke Halaman Asli

IDRIS APANDI

TERVERIFIKASI

Penikmat bacaan dan tulisan

Menulis, Muruah Kaum Intelektual

Diperbarui: 24 Maret 2018   12:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Oleh:

IDRIS APANDI

(Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan/LPMP Jawa Barat)

Dalam dunia ilmu pengetahuan, nama-nama filsuf Yunani Kuno seperti Thales, Plato, Socrates, dan  Aristoteles, sudah sangat akrab di kalangan kaum intelektual. Pada zaman modern nama-nama seperti Descartes, Hegel, Emmanuel Kant, John Locke, pemikiran-pemikirannya banyak menjadi rujukan para ilmuan.  Begitu pun dalam dalam dunia Islam, nama-nama ilmuan Islam seperi Al Ghazali, Al Kindi, Al Farabi, Ibu Sina, Al Razi, Ibu Miskawiah, dan sebagainya dijadikan referensi bukan hanya bagi umat Islam saja, tetapi bagi kalangan ilmuan di seluruh dunia.

Para filosof dan ilmuan tersebut menyebarkan ide dan gagasannya melalui kitab-kitab dan buku-buku yang menyebar ke seluruh dunia, diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, dicetak ribuan sampai jutaan eksemplar. Mereka sudah tiada, tetapi pemikiran-pemikirannya tetap ada dan dijadikan rujukan. Adam Smith yang dikenal dengan pemikiran-pemikiran ekonomi liberalnya tetap menjadi rujukan bagi Amerika Serikat dan negara-negara eropa. Karl Marx melalui bukunya yang berjudul Das Capital menjadi sumber inspirasi bagi menyebarnya ideologi sosialis-komunis di dunia. Tokoh NAZI Jerman Adolf Hittler juga meninggalkan warisan pemikiran dalam buku Mein Kampf.

Indonesia juga tidak kalah hebat. Para pejuang pergerakan kemerdekaan dan para pendiri negara dikenal sebagai kalangan intelektual yang disamping cerdas, kritis, juga penulis handal. Soekarno, Hatta, Sjahrir, Agus Salim, Hasim Asyari, Douwes Dekker (Multatuli), Soetomo, Wahidin Sudiro Husodo, hingga Tan Malaka menyuarakan dan menggelorakan perlawanan terhadap penjajah melalui tulisan-tulisannya, walau mereka secara pemikiran berbeda madhab atau prinsip, mulai dari yang berpaham nasionalis, Islam, bahkan sosialis-komunis.

Dalam perkembangannya, Indonesia memiliki ulama besar seperti Buya HAMKA yang menulis Tafsir Al Azhar walau sedang berada di dalam penjara karena dianggap merintangi kekuasaan presiden Soekarno. Ada pula sosok sastrawan Pramoedya Ananta Toer yang pada masa orde baru dijadikan tahanan politik karena dianggap bagian dari anggota Lembaga Kebudayaan Rakyat (LEKRA) yang berafilisasi kepada PKI tulisan-tulisannya telah banyak tersebar di seluruh dunia dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

Warga sunda pun memiliki tokoh-tokoh sastrawan dan penulis seperti Haji Hasan Mustofa, Wahyu Wibisana, Ajip Rosidi, dan berbagai nama penulis sunda lainnya. Mereka sangat berjasa dalam menyebarkan pemikiran-pemikiran pendidikan, sosial, seni, dan budaya sunda hingga bisa dikenal bukan hanya di tingkal lokal dan nasional, tetapi juga internasional. Ajip Rosidi yang dikenal sebagai penulis yang tidak memiliki ijazah SD, SMP, SMA, hingga PT, tetapi karya-karyanya sangat luar biasa. Beliau menjadi dosen dan pembicara tamu di Perguruan Tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Itulah gambaran keutamaan dan kemuliaan seorang penulis. Gagasannya dibaca dan menginspirasi para pembacanya, namanya dikenal dan dihormati, bahkan diabadikan menjadi nama sebuah jalan atau sebuah tempat. Karya-karyanya terus dibaca dan dicetak ulang sebagai warisan pengetahuan bagi generasi berikutnya.

Saya sendiri sebagai penulis pemula dan merasa belum ada apa-apanya dibandingkan dengan meraka suka "iri" terhadap nama-nama besar mereka. Dalam hati kecil saya bertanya, apakah bisa seperti mereka? tentu saya saya berharap demikian. Walau saya tahu dan sadar bukan hal yang mudah.

Para penulis hebat itu menghasilkan tulisan yang bernas dan berkualitas sebagai gambaran dalam dan luasnya pengetahuan yang dimilikinya. Mereka pun menulis dengan hati. Diawali dengan niat mulia untuk menyebarkan ilmu pengetahuan, dan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap profesinya tersebut. Setiap kata yang dituliskan menggambarkan energi menulisnya yang seolah tidak ada habisnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline