Lihat ke Halaman Asli

IDRIS APANDI

TERVERIFIKASI

Penulis 1070 lebih artikel dan 55 buku, trainer menulis, dan mengisi berbagai seminar/ workshop menulis, pendidikan, dan peningkatan mutu guru, baik di daerah maupun nasional.

Misi Sosial Manusia dalam Perspektif Falsafah Sunda

Diperbarui: 5 Mei 2017   08:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

MISI SOSIAL MANUSIA DALAM PERSFEKTIF FALSAFAH SUNDA

Oleh:

IDRIS APANDI

(Praktisi Pendidikan, Pemerhati Masalah Sosial)

Manusia selain diciptakan sebagai individu, juga sebagai makhluk sosial. Dia tidak dapat hidup sendiri. Dia memerlukan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menyelesaikan permasalahannya. Hal ini ditandai sejak seorang manusia dilahirkan ke dunia. Sang jabang bayi memerlukan bantuan orang lain. Ketika lahir ke dunia, badannya tidak ditutupi sehelai benang pun, dia menangis dengan keras seolah sebagai tanda minta bantuan kepada orang ada di sekitarnya. Lalu bidang memotong tali ari-arinya, darahnya dibersihkan, dan langsung dibungkus oleh kain agar tidak kedinginan, dan selanjutnya sang ibu menyusuinya dan mengurusnya hingga besar.

Dalam melaksanakan peran sosialnya, seorang manusia mengacu kepada nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di masyarakat, misalnya falsafah Sunda  bagi suku Sunda. Berikut adalah misi sosial seorang manusia menurut falsafah Sunda, antara lain:Nulung Kanu Butuh, Nalang Kanu Susah, Nyaangan Kanu Kapoekan, Ngajait Kanu Titeuleum, Nganter Kanu Sieun.

Kelima pepatah tersebut pesan utamanya adalah bahwa seorang manusia harus memiliki jiwa sosial, memiliki nurani, memiliki kepedulian, mau membantu orang yang membutuhkan bantuan. Bergetar hatinya kalau melihat orang lain menderita. Batinnya memberontak kalau melihat ketidakadilan. Kalau tidak mampu membantu minimal hatinya menolak dan mendoakan supaya manusia teraniaya segera diangkat derajatnya.

Dengan demikian, dia menjelma menjadi manusia yang berprikemanusiaan. Dalam konteks ajaran agama, sikap sosial yang baik dan berprikemanusiaan adalah penerapan dari ajaran agama. Dan dalam konteks Pancasila sebagai ideologi bangsa, solidaritas, jiwa sosial, adalah implementasi dari sila kedua Pancasila, kemanusiaan yang adil dan beradab.

Bantuan yang diberikan kepada orang lain, tentunya harus tanpa pamrih. Walau demikian, Tuhan tidak tidur. Amalan kebaikan seorang manusia akan dicatat oleh malaikat, dan menjadi investasi baginya.  Di dunia ini berlaku hukum timbal balik. Ketika seorang manusia suka membantu orang lain, maka suatu saat diapun akan dibantu oleh orang lain. Ketik suka memudahkan urusan orang lain, maka urusannya pun akan dipermudah oleh-Nya.

Ketika saat ini solidaritas, kesetiakawanan sosial, dan budaya gotong royong semakin terkikis oleh sikap individualistis, maka nilai-nilai kearifan lokal perlu kembali digali sebagai alat untuk mengingatkan kembali misi sosial manusia hidup di dunia. Dan falsafah sunda sangat kaya dengan pesan atau nilai kemanusiaan. Ironisnya, nilai-nilai tersebut sudah banyak dilupakan oleh kalangan generasi muda Sunda sendiri, karena terbuai dan terbawa arus budaya modern.

Budaya saling menolong akan memperuat persatuan dan kesatuan, kekeluargaan, dan keharmonisan antarsesama manusia. Pengalaman Saya di lapangan memang menunjukkan bahwa menolong harus kepada yang benar-benar butuh, membantu harus kepada yang benar-benar susah. Mengapa demikian? Karena memang sebuah kewajiban, juga tingkat keberterimaannya pun akan berbeda ketika yang kita bantu atau beri tidak terlalu membutuhkannya. Oleh karena itu, berbahagialah ketika masih ada yang membutuhkan bantuan, karena di situlah ladang amal kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline