Lihat ke Halaman Asli

Idola Hapsari

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Pelatihan Batik Cap dan Pewarna Remasol dalam Rangka Meningkatkan Semangat Produktivitas oleh KKN MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang (UM) 2022

Diperbarui: 23 Mei 2022   04:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

MALANG – Batik merupakan hasil karya sekaligus warisan bangsa Indonesia dengan perpaduan antara seni dan teknologi. Corak ragam batik memiliki makna dan filosofi yang akan terus digali dari berbagai adat istiadat maupun budaya yang berkembang di Indonesia. 

Seiring berkembangnya teknologi, tehnik pada pembuatan batik mengalami perkembangan dan keragaman. Kelompok batik di Desa Sumberagung, terbentuk sejak tahun 2019. 

Terbilang masih baru, produktivitas dalam menghasilkan karya-karya atau produk jadi batik dinilai masih perlu adanya inovasi yang lebih baru dan efisien. Kelompok KKN Nerdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Membangun desa Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan pelatihan batik cap dan pewarna remasol bersama ibu-ibu kelompok batik di Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Kegiatan pelatihan batik cap yang diadakan pada tanggal 18, 19, dan 20 April di Balai Desa Sumberagung Kecamatan Ngantang memiliki tujuan utama yaitu untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan membatik dengan teknik cap serta pengaplikasian pewarna remasol khususnya pada ibu-ibu komunitas batik di Desa Sumberagung. Pelatihan ini juga sebagai upaya untuk melestarikan kebaraadaan batik di Desa Sumberagung agar tetap berjalan dan berkembang.

Pembuatan batik cap dalam pelatihan ini menggunakan alat cap batik sederhana yang terbuat dari karton. Disamping itu, untuk batik cap pada pelatihan ini desain motif batiknya telah ditentukan terlebih dahulu, sehingga peserta pelatihan melakukan pengecapan sesuai dengan desain motif yang telah dibuat. 

Kegiatan pelatihan batik cap dan pengaplikasian pewarna remasol ini dilakukan dengan menggunakan beberapa pendekatan seperti melalui metode penyampaian materi, tanya jawab, dan latihan atau praktek langsung. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap mulai dari pembuatan desain motif, proses pengecapan, proses pewarnaan mengunakan pewarna remasol dan sampai pada finishing.

Kegiatan Pelatihan Batik Cap dan pewarna remasol berjalan dengan baik, lancar, dan menyenangkan. Pihak-pihak yang tururt serta dalam kegiatan ini adalah Bapak kepala desa, ibu kepala desa, pihak perangkat desa, kelompok batik desa sumberagung, dan warga masyarakat ngantang yang tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan batik. Pelatihan batik cap ini berhasil membangkitkan kembali semangat ibu-ibu kelompok batik desa Sumberagung dalam produktif membuat membuat produk-produk batik, terkhususnya batik cap.

Berikut merupakan foto-foto dokumentasi proses pelatihan batik cap dan pewarna remasol di Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang:

dokpri

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline