Lihat ke Halaman Asli

Ida Zubaida

Mahasiswa

Mahasiswa KKN UPGRIS 2021: Pembuatan Handsanitizer Sendiri dengan Menggunakan Aloe Vera

Diperbarui: 23 Februari 2021   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kendal, 2 Februari 2021. Ida Zubaida mahasiswa KKN UPGRIS kelompok 23 melakukan kegiatan cara membuat hand sanitizer sendiri menggunakan aloevera. Dikarenakan pada masa pandemi ini kita harus menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak. Jika dalam perjalanan tidak bisa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir solusinya yaitu menggunakan hand sanitizer sangat mudah digunakan dan dapat membunuh kuman. Hand sanitizer ini juga sangat mudah untuk dibawa kemana2 karena kemasannya yang kecil dan mudah di masukkan kedalam tas. 

Aloevera ini sangat mudah didapatkan dan harganya pun sangat terjangkau dan bervariasi. Sehingga mudah untuk membuat sendiri dirumah. Karena jika membeli terkadang sulit dan harganya mahal. Bahan yang digunakan yaitu aloevera dan alkohol 70%.

Kandungan aloevera/lidah buaya ini berperan sebagai anti septik untuk menstrilisasi larutan. Selain itu kandungan pada lidah buaya juga efektif untuk membuat kulit lebih lembut dan lembab. Kandungan alkohol yang dapat digunakan untuk membuat hand sanitizer adalah 60%-90%. Saya menggunakan alkohol 70%.

Alat dan bahan :

1.Wadah

2.Sendok

3.Aloevera gel

4.Alkohol 70%

5.Botol

Cara membuat handsanitizer:

1.Siapkan wadah dan sendok

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline