Lihat ke Halaman Asli

Bugar Selama Masa Kehamilan dengan Prenatal Yoga di Jember

Diperbarui: 27 Desember 2022   17:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

BUGAR SELAMA MASA KEHAMILAN DENGAN PRENATAL YOGA DI JEMBER

(Pengabdian Masyarakat Prodi  S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Universitas dr. Soebandi Jember)

Kreator : Zaida Mauludiyah, S.Keb., Bd., M.Keb.

 

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu bentuk kepedulian dan implementasi ilmu bagi masyarakat sebagai wujud hadirnya Perguruan tinggi di tengah masyarakat. Civitas akademika Universitas dr. Soebandi sebagai salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Jember secara rutin melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan dengan judul Bugar Selama Masa Kehamilan Dengan Prenatal Yoga Di Jember merupakan pelaksanaan kegiatan senam yoga pada ibu hamil. 

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan sebanyak 4 kali, yaitu  tanggal 8,15,22, dan 29 September 2022,  oleh Zaida Mauludiyah, S.Keb., Bd. ( Instruktur Prenatal Yoga I ), M.Keb., dan Rizki Fitrianingtyas, SST, M.M, M.Keb. ( Instruktur Prenatal Yoga II ),  dan mahasiswa Program Studi S1 Kebidanan. Kegiatan pengabdian masyarakat prenatal yoga ini bertujuan untuk mengurangi ketidaknyamanan ibu hamil, meningkatkan kebugaran saat kehamilan ini, dan persiapan persalinan.

Dokpri

Gambar 1. Tatap muka pertama prenatal yoga

Pada hari pertama tatap muka, kegiatannya meliputi sharing pengalaman dan keluhan - keluhan selama kehamilan ini,  memperkenalkan prenatal yoga dan memperagakan serta mencoba gerakan yoga. Untuk tatap muka pertama, yoga yang dilakukan hanya 20 menit saja, sedangkan untuk tatap muka ke-2, ke-3, dan ke-4 durasinya lebih lama yaitu 30-40 menit. Setelah tatap muka pertama, ibu – ibu yang mengikuti perenatal yoga mengatakan bahwa telah mencobanya dirumah. Untuk tatap muka ke-3, prenatal yoga dilakukan berpasangan dengan suami.

Dokpri

Gambar 2. Tatap muka ke -2 prenatal yoga

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline