Lihat ke Halaman Asli

Memahami Pentingnya Asuransi Pendidikan

Diperbarui: 17 Oktober 2015   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

 

 

 

Asuransi merupakan hal yang jarang sekai dilirik di Indonesia, masyarakat masih belum sadar arti pentingnya asuransi bagi masa depan. Orang indonesia lebih suka menabung dari pada berasuransi setidaknya itulah yang saya lihat di lingkungan sekitar saya. Kenapa masyarakat kurang melirik asuransi??

Asuransi adalah aset keuangan yang manfaatnya baru bisa dirasakan saat situasi tertentu atau bisa juga bertahun-tahun yang akan datang tak seperti tabungan yang saat kita butuh uang untuk keperluan apa saja, kita bisa langsung bisa menggunakan nya kapan saja, tentunya asal ada saldo di rekening tabungan kita, selain itu saat kita memilih berasuransi kita harus benar-benar menyisihkan sebagian penghasilan kita entah itu bulanan atau tiap tahun untuk premi asuransi yang kita beli. Berasuransi terdengar merepotkan, harus menyisihkan uang dalam jangka bertahun-tahun dan uang itu hanya bisa diambil saat situasi tertentu. Bagi orang awam yang belum mengenal dan paham asuransi secara baik hal ini benar-benar akan terasa merepotkan untuk dilakukan. Membeli asuransi itu seperti menanam sebuah pohon yang manfaatnya baru bisa terasa saat pohon itu sudah besar.

asuransi pendidikan merupakan satu bagian dari asuransi yang banyak ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi, dengan membeli  asuransi pendidikan berarti kita merencanakan pendidikan anak kita dari segi finansial untuk. Pentingkah asuransi pendidikan?

Kalau kita tak ingin direpotkan oleh biaya pendidikan di masa depan yang pastinya akan mahal, biaya pendidikan sekarang saja sudah mahal apalagi bertahun-tahun yang akan datang. Maka berasuransi merupakan hal yang penting, tapi jika anda berpikir bahwa biaya pendidikan di masa depan bukanlah sebuah masalah karna mungkin anda orang kaya atau mungkin anda punya aset miliaran rupiah dan mungkin anda tak akan pernah menganggap penting sebuah asuransi pendidikan, toh anda punya banyak uang untuk biaya pendidikan anak anda di masa depan, walau sebenarnya tak pernah ada yang menjamin apakah di masa depan anda masih kaya atau takdir berkata lain yang membuat anda jatuh miskin, tak pernah ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, untuk itulah kita berasuransi, berjaga-jaga atas berbagai kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang.

               Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih asuransi pendidikanuntuk anak, diantaranya yaitu dengan dengan menghitung serta menyesuaikan kesanggupan anda dalam berinvestasi dengan memperkirakan banyaknya dana yang harus dikeluarkan untuk masa pendidikan anak dari jenjang sekolah dasar hingga bangku perkuliahan. Selain itu hendaknya anda juga memilih perusahaan asuransi pendidikan yang memungkinkan anda untuk mengubah besaran investasi sesuai dengan kondisi keuangan

Jika kita merasa tak ingin direpotkan oleh biaya pendidikan anak kita di masa depan, mulailah berasuransi dari sekarang , rencanakan pendidikan anak kita dari segi finansial mulai dari sejak dini. Sisihkan sebagian penghasilan kita untuk masa depan buah hati tercinta, jangan pernah merasa bahwa asuransi itu merepotkan karna saat kita berpikir berasuransi itu merepotkan kita akan setengah hati melakukannya. Berasuransilah agar membuat anak kita bahagia di masa depan dengan memberikan pendidikan yang tinggi. Kita pasti akan bangga saat bisa melihat anak kita mengenyam pendidikan yang tinggi, mengukir banyak prestasi. Bukankah kebahagiaan tertinggi bagi orang tua adalah melihat kebahagiaan anaknya.

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline