Lihat ke Halaman Asli

Ida Wardiningsih

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura

Pengabdian Masyarakat UTM dan SATGAS PPKS Bekerjasama Mengadakan Sosialisasi Kekerasan Seksual dan Bullying di Yayasan Bahrul Ulum Sampang

Diperbarui: 9 Januari 2024   08:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana kegiatan sosialisasi, dokpri

Sampang-Kasus kekerasan seksual dan bullying kerap terjadi di lingkungan pendidikan. Dalam hal ini, pengabdian masyarakat Universitas Trunojoyo Madura (UTM) KKN 34 yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ibu Afiyah Nur Kayati, S.Pd., M.Pd. mengadakan "Sosialisasi Bahaya Kekerasan Seksual dan Bullying" di Yayasan Bahrul Ulum dengan mengundang Satuan Tugas Penanganan Pencegahan Kekerasan Seksual (SATGAS PPKS) UTM sebagai pemateri dan di sambut dengan baik oleh Pj. Kepala desa gersempal, Sekretaris desa dan Kepala Yayasan Bahrul Ulum. Kamis (04/01/2024)


Pengabdian masyarakat UTM KKN 34 menyelenggarakan acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas kepada pelajar terkait isu-isu sensitif ini, dengan harapan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang aman.

SATGAS PPKS memberikan sosialisasi kepada para pelajar di Yayasan Bahrul Ulum mengungkapkan, bahwa para pelajar rentan menjadi pelaku atau korban bullying, penganiayaan hingga pelecehan seksual.


"Kami harap apabila ada bullying yang terjadi pada diri sendiri atau teman dapat dilaporkan kepada guru atau kepala yayasan agar pelaku bullying diberikan sanksi. Tidak hanya itu apabila ada teman yang menjadi korban bullying, kita harus menjaga, merangkul teman kita yang menjadi korban bullying untuk mencegah dampak psikis yang mungkin akan ia alami". Ungkap SATGAS PPKS UTM

Kepala Yayasan Bahrul Ulum membenarkan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan sebagai bentuk perhatian akan pentingnya mencegah tindakan bullying terhadap para pelajarnya.

Pengabdian Masyarakat UTM (KKN-34) berharap sosialisasi ini bermanfaat bagi seluruh guru dan siswa serta memberikan pemahaman kepada siswa agar tidak melakukan bullying pada teman-temannya karena itu merupakan perilaku buruk.

Penulis : 

- Ida Wardiningsih

- Widiya 

- Haris Mawardi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline