Lihat ke Halaman Asli

Maria Friday

Mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta

Kisah Romansa Unik Antara Manusia Dan Teknologi Film "Her" (2013)

Diperbarui: 20 Oktober 2020   02:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(sumber: wallpaperflare.com)

Perkembangan teknologi kerap membuat manusia terpukau, tidak heran bila kehidupan masyarakt begitu lekat dan bergantung dengan teknologi.

Film Her (2013), yang menggambarkan pengaruh teknologi di kehidupan manusia, hingga menyebabkan hadirnya kisah romansa di antara manusia bernama Theodore dan sebuah Operating System (OS) yang dikenal sebagai Samantha.

Implikasi Sosial

Sebuah film tentu dapat memberi dampak pada masyarakat, sama halnya  dengan film Her yang memberi implikasi sosial, berupa adanya usaha pengembangan teknologi terhadap Operating System (OS) misalnya yang dilakukan oleh perusahaan Google.

Dilansir dari CNN Indonesia, Profesor Geoff Hinton dari perusahaan Google telah melakukan pengembangan algoritma sistem operasi agar memiliki kapasitas logika layaknya Artificial Intelligence dalam film Her (2013) (Fajrina, 2015).

Selain itu, hadirnya film Her juga membuat masyarakat semakin tertarik dengan teknologi Siri milik Iphone yang mirip dengan Operating System di film Her, dan masyarakat bertanya – tanya apakah Siri adalah Samantha OS dalam film Her.

Genre

Pada umumnya film dikategorikan dalam berbagai genre untuk memudahkan khalayak dalam memilih jenis film yang akan mereka tonton. Film Her (2013) termasuk ke dalam genre Romansa dan Fiksi Ilmiah (Science Fiction).

Genre romansa dapat dilihat dari isi film yang dikemas dengan unsur romansa antara tokoh Theodore dan Operating Sistem (OS) bernama Samantha.

Sedangkan genre Science Fiction terlihat dari latar waktu dalam film yang menunjukkan masa depan, di mana teknologi telah canggih dan ditemukannya berbagai alat komunikasi, dan sistem operasi untuk membantu manusia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline