Lihat ke Halaman Asli

Ida Apriyanti

idhaapr29_

Yuk Kenali Konflik Sekitarmu

Diperbarui: 17 Juli 2021   02:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu'alaikum wr.wb

Hi guyss... apa kabar, berhubung masih pandemi gini stay safe yaa, jaga kesehatan dan jangan lupa berdoa semoga pandemi ini cepat berlalu.. Aamiin

Artikel ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah perilaku organisasi, disamping itu semoga bisa ,menjadi ilmu baru untuk teman-teman semua.

Sebelum pembahasan lebih jauh, yuk kita pahami dulu arti dari konflik ini..

DEFINISI KONFLIK SOSIAL

Konflik adalah suatu bentuk interaksi yang bersifat disosiatif, yaitu suatu interaksi yang dapat memecah belah persatuan kelompok. Sebagai suatu bentuk interaksi,konflik sosial ini bertujuan untuk mengahncurkan,melenyapkan dan mengancam kelompok yang dianggap lawan. 

Perlu kita pahami bahwa konflik sosial ini tidak akan pernah lepas dari kehidupan masyarakat karena akan selalu ditemukan perbedaan kepentingan antar individu maupun kelompok. Namun meskipun konflik ini cenderung negatif, faktanya konflik juga memiliki sisi positif, yaitu mampu mendorong kearah perubahan sosial.

FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL

Secara umum konflik ini dipicu oleh adanya perbedaan dalam masyarakat. Perbedaan disini adalah perbedaan keyakinan, kepentingan,kebudayaan,dan lain sebagainya. Selain perbedaan,konflik pun ternyata dipicu oleh perubahan sosial. Sebab dalam proses mencapai suatu perubahan,masyarakat seringkali dihadapkan pada goyahnya norma dan nilai sosial.

BENTUK KONFLIK SOSIAL

Selanjutnya mari kita pahami bentuk-bentuk dari konflik tersebut

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline