IDA HINDASAH, S.Pd_CGP 201511636058_SDN1 Karangmulya_Garut
Latar Belakang
Pemanfaatan aplikasi seesaw digunakan setelah proses belajar mengajar beralih dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Aplikasi seesaw dimanfaatkan untuk memberikan kemudahan saat proses pembelajaran berlangsung karena aplikasi ini dapat diakses oleh guru, siswa, dan orangtua. Melalui aplikasi ini guru dapat memberikan informasi kepada orang tua siswa tentang apa yang sementara dilakukan siswa di kelas-kelas mereka dan orang tua melalui kelas online juga dapat mengontrol perilaku anak-anak secara terpadu bersama guru.
Tujuan
- Seesaw artinya jungkat-jungkit adalah sebuah platform pembelajaran yang memungkinkan setiap siswa untuk memiliki jurnal pembelajaran kolaboratif, dengan pilihan untuk berbagi konten dengan siswa laindi kelas oleh guru. Bahkan guru juga dapat langsung berbagi teks, gambar, video, gambar dan link dimana siswa dapat melihat pada android/handphone mereka, menggunakan aplikasi untuk perangkat iPhone, iPad dan android (Khusnul Qotimah, 2018).
- Seesaw dapat membagi informasi bersama siswa, orang tua dan guru secara kolaborasi. Siswa juga dapat membangun atau merancang kreasi dan karya-karya inovatif sesuai kompetensi kinerja yang disepakati bersama dengan guru mata pelajaran. Seesaw hadir dan membawa perubahan cara berfikir guru tentang merancang penilaian otentik secara online dengan speck yang luas. Melalui aplikasi ini guru dapat memberikan informasi kepada orang tua siswa tentang apa yang sementara dilakukan siswa di kelas-kelas mereka dan orang tua melalui kelas online juga dapat mengontrol perilaku anak-anak secara terpadu bersama guru.
- Seesaw merupakan platform pendukung aktivitas pembelajaran yang masih baru, sehingga masih berkembang dan banyak kekurangan di dalamnya. Seesaw memungkinkan pengiriman tugas dalam berbagai bentuk file, tetapi tidak memungkinkan pengunggahan dokumen dalam bentuk word atau powerpoint yang banyak digunakan oleh siswa. Selain itu, sering kali terjadi gangguan pada saat memasuki halaman awal Seesaw dimana siswa kesulitan mengakses kelas (Enrico, Wulan and Solihat, 2018).
Tolok Ukur
Tolok ukur keberhasilan penggunaan aplikasi seesaw untuk menilai ranah psikomotor pada mata pelajaran SBDP yaitu:
- Memiliki data dan dokumetasi proses kegiatan aksi nyata.
- Memiliki data hasil penilaian siswa atau setidaknya umpan balik dari kegiatan yang dilakukan
- Siswa belajar dengan senang, gembira, motivasi tinggi, berkembang sesuai bakat minat dan karakteristiknya
Rangkaian Kegiatan
Langkah-langkah untuk bisa masuk ke dalam kelas digital seesaw adalah sebagai berikut:
- Registrasi seesaw, masuk ke web seesaw: “ https:// web.seesaw.me/klik “sign up free “; atau aplikasi kelas seesaw didownload pada google playstore;
- Untuk peran sebagai guru klik “I’m a teacher“;
- Masukkan alamat email dan password untuk sign up;
- Isi data lalu klik “created teacher account”;
- Untuk peran sebagai siswa klik “ I’m a student“ kemudian masukkan kode kelas, klik “ student sign up “;
Cara mengakses kelas digital seesaw adalah sebagai berikut:
- Masuk ke account guru yaitu dengan memasukkan email dan password. Setelah sign up masukkan kode akses kelas yang harus disalin untuk dibagikan kepada siswa;
- Guru menseting kelas tergantung berapa jumlah kelas yang dibelajarkan, maka masing- masing dibuatkan kelasnya;
- Link login sebagai siswa adalah app.seesaw.me pilih “ I’m a student ”;
- Masukkan kode akses student untuk masuk kelas seesaw;
- Untuk masuk ke akun orang tua pilih I'am Family
Tahapan pembelajaran melalui aplikasi seesaw yaitu:
- Guru dan siswa sudah mempunyai aplikasi seesaw pada Hp atau Laptop
- Guru dan siswa membuat kesepakatan tentang waktu pembelajaran
- Guru memberikan pembelajaran secara jarak jauh berupa penjelasan materi, tugas yang harus dikerjakan, dan penilaian.
- Guru mengintruksikan bahwa penilaian pembelajaran hari ini berupa ranah afektif pada sikap religius sehingga siswa diarahkan untuk mengupload tugas yang dikerjakan melalui aplikasi seesaw
- Setelah siswa mengirimkan tugas individual maka guru melakukan penilaian.
- Guru, siswa, dan orangtua secara bersama melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan secara on line.
Refleksi