Lihat ke Halaman Asli

Ida Kholidah

Guru PAI SMPN 1 Bungursari

Panen Karya P5 Kebhinekaan

Diperbarui: 4 Oktober 2024   07:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anisa Ayudia Putri

Kegiatan projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau lebih akrab dikenal P5 dengan khasnya produk di akhir pembelajaran, diimplementasikan UPTD SMPN 1 Bungursari diagendakan 9 tema untuk 3 tingkatan. Kelas VIII mengawali tema Bhinneka Tunggal Ika dengan topik "Aku Mengerti Kita Berbeda Tapi Kita Tetap Satu" dengan produk proyek "Kampanye Toleransi" diselenggarakan kamis 03/10/2024 tempo hari. Peserta didik dibekali dengan berbagai macam literasi dan pengaplikasiannya serta cara mempublikasikan literasi seperti cara membuat quote, poster, reportase, video bahkan artikel. "Tujuan proyek ini adalah meningkatkan toleransi dan literasi melalui pengalaman kebhinnekaan warga sekolah" ujar ketua koordinator Ida Kholidah menjelaskan saat diwawancara tim reporter Ekskul jurnalistik BURSA. Beliau menambahkan  "Apa yang mereka pelajari dalam proyek pembelajaran menjadi pengantar peserta didik dalam model kampanye toleransi yang menjadi produk proyek Bhinneka Tunggal ika kali ini yang berbasis literasi beerupa orasi, demo, kabaret, dan lain-lain" Pungkasnya. Sementara kepala sekolah UPTD SMPN 1 Bungursari Elya Ratna Hartawati menyatakan syukur dan bahagia bahwa kegiatan P5 ini dapat berjalan lancar hingga panen karya tiba dan berharap peserta didik dapat mengimplementasikan apa yang didapatkan saat proyek dalam kehidupan sehari-hari.

P5 tema Bhinneka tungal Ika topik "Aku Mengerti Kita Berbeda Tapi Kita Tetap Satu" UPTD SMPN 1 Bungursari dilaksanakan oleh 4 orang koordinator dan 11 fasilitator untuk 11 kelas yang merupakan wali kelas pada kelas tersebut dan dipantau langsung oleh kepala sekolah dengan durasi waktu 100 jam pelajaran. Pada kegiatan panen karya ini peserta didik mempresentasikan keberagaman yang ada di sekolah dengan berbagai kreatifitas yang literat. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala sekolah, komite sekolah, peserta didik kelas VIII dan seluruh guru  UPTD SMPN 1 Bungursari, staff TU dan para penjaga sekolah dengan busana khas sekolah yaitu nuansa ecoprint dan didokumentasikan tim ekstrakurikuler jurnalistik BURSA.

Thoriq Ihsanul Jihad 

Diharapkan setelah proyek ini sesuai tujuannya dapat meningkatkan toleransi dan literasi melalui pengalaman kebhinnekaan warga sekolah.

Wallaahu a'lam

Baarakallah lanaa wa lakum

#Salam Literasi: Indonesia_Berkarya!!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline