Lihat ke Halaman Asli

Ida Kholidah

Guru PAI SMPN 1 Bungursari

Ekskul Jurnalistik Tanmkan Peduli Lingkungan

Diperbarui: 10 Agustus 2024   18:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sebagai pembina/ pelatih ekstra kurikuler mempunyai rasa tanggung jawab menumbuhkan minat dan bakat peserta didik hingga tergali dan tersalurkan. Sedangkan sekolah seyogyanya memfasilitasi kegiatannya.Seperti ekstra kurikuler jurnalistik menanamkan jiwa

Penampilan Jaipong Secang Gugat 7J BURSA

Oleh: Neng Mega Nur Asiah

(Anggota Ekskul Jurnalistik UPTD SMPN 1 Bungursari)

"Secara Bergantian Peserta Didik Meriahkan Kamis Nyanding Wawangi  UPTD SMPN 1 Bungursari"

 Pada hari kamis 01/08/2024 beberapa hari yang lalu UPTD SMPN 1 Bungursari  menampilkan beberapa penampilan dan tanya jawab pada Kegiatan pembiasaan hari "Kamis Nyanding Wawangi". Hari ini yang berkesempatan tampil adalah kelas VII J yang menampilkan tari Jaipong Secang Gugat. Mereka mempersiapkan diri dengan bermake-up seadanya namun cukup menarik perhatian peserta didik lainnya yang menyaksikan dengan antusias.

  Kegiatan ini dipersiapkan bekerjasama antara OSIS MPK yang diketuai Teteh Ageng kelas 9C dan Teteh Ferlita 9G dengan Wakasek Kesiswaan Ibu Andri Mardiati Rahayu yang selalu setia membimbing peserta didik di dalam setiap kegiatannya. Mereka menyiapkan alas duduk untuk peserta didik yang menyaksikan agar dapat duduk dengan nyaman. Penampilan diawali dengan membaca "Asmaul husna"  oleh Teteh Yasmin kelas 9I dilanjutkan dengan doa memulai pelajaran oleh Ibu Eva Siti Maria salah satu guru PAI UPTD SMPN 1 Bungursari. Setelah itu  penampilan Jaipong Secang Gugat dari 7J diwakili oleh Teteh Aulia yang ditampilkan dengan  atraktif. Tarian dari Jawa Barat ini menceritakan tentang perjuangan untuk mempertahankan dan membela kebenaran.

Sebagai akhir kegiatan diperkaya dengan penjelasan serta pertanyaan tentang  batik Mega Mendung sebagai salah satu budaya sunda.

Referensi: 

https://bbg.ac.id/merajut-nusantara-melalui-seni-budaya-pmm-di-ubbg/

Lapangan Hijau UPTD SMPN 1 Bungursari, Purwakarta Jawa Barat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline