Lihat ke Halaman Asli

Moch IchwanPersada

Sutradara/Produser Film/Pernah Bekerja sebagai Dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute

Pada Mulanya adalah Niat Mulia

Diperbarui: 11 Januari 2023   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

IMDb

Pada Mulanya Adalah Niat Mulia

Tahun 2004. Elizabeth Holmes memutuskan berhenti kuliah dari Universitas Stanford dan memulai perusahaan rintisan bernama Theranos. Dan saya masih terombang-ambing melanjutkan kuliah Kedokteran ke jenjang berikutnya atau tidak.

Apa yang kamu lakukan di usia 19 tahun? Di usia itu, saya masih mencoba menikmati berkuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Namun di benua yang berada ribuan kilometer jauhnya, ada Elizabeth Holmes yang tanpa ragu memutuskan berhenti dari studinya di Teknik Kimia Universitas Stanford.

Seperti Adam Neumann, pendiri WeWork, Elizabeth mengikuti kata hatinya mewujudkan impian Amerika. Ia percaya di negara yang selalu diklaim paling demokratis itu, ia bisa mengubah dunia melalui perusahaan rintisan bernama Theranos.

Niatnya mendirikan perusahaan rintisan itu mulia betul: ingin memberi akses murah bagi masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatannya hanya melalui setetes darah. Siapa yang tak jatuh hati dengan ide mulia dan terkesan sederhana itu. Namun pada akhirnya kita tahu niat baik selalu tak cukup dan kita pun sulit membedakan apakah Elizabeth sejatinya seorang penipu atau memang hanyalah seorang yang naif.

Kita memang mudah dibuat jatuh hati dengan niat mulia. Minggu ini media kita mengekspos betapa rentannya lembaga donasi dengan praktek korupsi. Niat mulia memang selalu mudah diperjualbelikan, sama seperti Theranos yang tak begitu sulit menggegerkan dunia investasi di Amerika Serikat dan menghimpun trilyunan dolar dari mereka yang percaya dengan niat mulia itu. 

Kita begitu gampang tergugah dengan niat mulia sehingga juga begitu mudah terperdaya karenanya. Kita tak segan menggelontorkan dana karena berharap gelontoran dana itu bisa mengubah seseorang. 

Dalam kasus Theranos, investor berharap kali ini mereka tak hanya berbisnis namun juga mengubah wajah dunia medis. Bayangkan betapa banyaknya masyarakat kecil akan tertolong dengan teknologi yang ditawarkan Theranos. 

Tapi sering kita lupa bahwa niat mulia kadang tampak "too good to be true". Dengan mudah kita mengesampingkan kekhawatiran kita dan mengedepankan kepercayaan berlebihan yang kita miliki. Sebelum pada akhirnya kita sadar bahwa semua sekedar niat mulia, masih terlalu jauh untuk diwujudkan.


Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline