Lihat ke Halaman Asli

Moch IchwanPersada

Sutradara/Produser Film/Pernah Bekerja sebagai Dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute

7 Film Indonesia yang Seharusnya Tayang di Layanan Streaming [Bagian I]

Diperbarui: 28 Desember 2022   21:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inno

7 Film Indonesia Yang Seharusnya Tayang di Layanan Streaming

[Bagian I]

Maleo Films

Layanan streaming legal yang berkembang pesat saat ini seharusnya memungkinkan akses ke film Indonesia semakin luas. Namun layanan streaming sedikit banyak masih bertumpu pada unsur komersialisme sehingga film Indonesia yang mencoba idealis masih jarang dilirik.

Berikut 7 film Indonesia yang seharusnya tayang di layanan streaming.

1. CINTA BETE [2021]

Film yang menjadi debut penyutradaraan Roy Lolang ini menarik perhatian ketika dirilis di tahun 2021. Selain keindahan lansekap Atambua, film ini juga menawarkan ensemble akting memikat dari trio Hana Malasan, Yoga Pratama dan Djenar Maesa Ayu. Kerja keras ketiganya berbuah nomine untuk kategori pemeranan di Festival Film Indonesia 2021.

Sebelum "Cinta Bete", kita melihat Atambua dalam perspektif politis dalam "Atambua 39 Derajat Celcius". Riri Riza memperlihatkan Atambua setelah Referendum 1998 dan bagaimana sebuah keluarga terpisah di 2 batas negara dengan segala kompleksitasnya. Sementara "Cinta Bete" memilih bersandar pada isu adat, agama dan kesenjangan jender yang menggerakkan cintanya.

Dan di tangan Roy Lolang yang lebih dikenal sebagai salah satu penata sinematografi terbaik negeri ini, "Cinta Bete" sekali lagi memperlihatkan eksotisme Atambua dan bagaimana indah dan cantiknya wilayah timur Indonesia. Sudah saatnya semakin banyak film Indonesia yang tak hanya menggarap cerita dari pusat, namun juga memotret dari pinggir Nusantara.

2. INVISIBLE HOPES [2021]

Jika ada film dokumenter panjang dengan isu penting dan perlu untuk diakses lebih luas via layanan streaming, maka "Invisible Hopes" berada di jajaran terdepan. Lamtiar Simorangkir menyajikan secara telanjang tentang anak-anak yang dibesarkan dalam rutan ketika ibu-ibu mereka mesti menjalani hukuman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline