Lihat ke Halaman Asli

Kerajaan Onic Esport

Diperbarui: 20 Desember 2023   17:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

unsplash.com

Perkembangan dunia esport atau olahraga game berkembang pesat dengan arus teknologi yang berlangsung di dunia, Dengan perkembangan dunia E-sports yang pesat ini membuat Onic E-sports melakukan berbagai macam strategi seperti menggunakan Brand Ambassador untuk meningkatkan popularitasnya dan untuk menarik minat para konsumen untuk membeli produk yang mereka pasarkan melalui media sosial Instagram Onic Supply Id. dapat mencari orang yang sesuai dengan merek yang akan mewakili produknya (Iglesias, 2019). Dalam dunia esport khususnya mobile legends banyak tim besar yang terlibat didalam nya seperti yang akan dibahas kali ini yaitu onic esport. Onic esport berdiri pada tanggal 26 juli 2018 di Jakarta, onic esport merupakan 3 tim besar yang berdiri di mobile legends, berbeda dengan evos dan rrq justru onic menjadi penengah dari rivalitas mereka tetapi onic tidak dibawah mereka sama sekali.

Onic esport masuk saat turnamen mpl s1 yang dimana mereka memiliki team yang solid namun harus kalah dan tidak menjadi juara di turnamen tersebut, seiring berjalan nya waktu mereka juga meningkatkan kekuatan dari tim tetapi masih belum bisa untuk menjadi juara di mpl s2 dan mpl s3 karena dominasi yang diberikan oleh rrq hoshi dan evos legends, mereka menjadi penghalang besar untuk onic, tetapi saat mpl s3 onic esport merubah bagian team nya sehingga mereka menjuarai semua turnamen di tahun itu dari mpl dan msc dengan tim yang di pimpin onic kage (udil,sasa,antimage,drian,psyco) mereka adalah tim terbaik yang dimiliki Indonesia pada tahun itu. Dengan manjadi juara tersebut mereka mendapat sponsor dari biznet dan banyak lainnya tetapi pada saat s4 mereka harus berpisah karena masalah internal dan kembali tidak stabil dalam kondisi team.

Onic esport mengalami keterpurukan pasca ditinggal oleh onic kage sampai 3 tahun tetapi saat s7 dimulai onic esport kembali dengan pemai yang sangat hebat Bernama sanz yang ditunjuk langsung oleh onic udil untuk mengantikannya dan juga mereka menambah brand ambassador Menurut Shimp dalam (Yusiana & Maulida, 2016) Brand Ambassador adalah orang yang mendukung suatu merek dari berbagai tokoh masyarakat populer, selain dari masyarakat populer dapat juga didukung oleh orang biasa dan lebih sering disebut sebagai endorser biasa. Menurut John R. Rossiter (Muhtadin & Djatmiko, 2018) Karakteristik Brand Ambassador yaitu visibility (kepopuleran), credibility (keahlian), attraction (daya tarik) dan power (kekuatan).

unsplash.com

Menurut pendapat Kotler dan Keller dalam penelitian (Miati, 2020) pengukuran Brand Image adalah subjektif, artinya tidak ada ketentuan baku untuk pengukuran Brand Image. Menurut Kotler dan keller (Raihanah et al., 2021) menyatakan bahwa pengukuran Brand Image dapat dilakukan berdasarkan pada aspek yaitu Strengthnes (kekuatan), Uniquenes (keunikan), dan Favorable (kesukaan). Dengan Brand Image yang baik dapat mempengaruhi keputusan pembelian atau keminatan konsumen terhadap produk Onic Supply Id. Brand Image atau citra merek merupakan persepsi publik terhadap sebuah produk atau perusahaan (Paul, 2018). dengan sebuah sampel yang baik terhadap produk yang dirilis dapat memberikan pengaruh yang baik untuk penjualan dari Onic Supply Id. Brand Image menjadi kunci utama agar konsumen dapat membedakan produk Onic Supply Id dengan para pesaingnya (VanMeter, 2018)Onic esport mengalami persaingan yang terbilang cukup sukses karena dari saat itu sampe sekarang mereka menjadi juara sebanyak 5 kali di mpl Indonesia mengantikan dominasi evos legends dan rrq hoshi dan memiliki sebutan sebagai raja langit, onic esport sudah menjuarai banyak turnamen Tingkat nasional dan internasional, terakhir prestasi yang diberikan onic untuk Indonesia adalah menjuarai msc fi filipina. Onic juga mempunyai fan base Bernama sonic yang ada sejak 10 september 2019 merupakan fans fanatic onic yang siang mendung saat terpuruk bahkan saat dalam masa keemas an( masa jaya).

Saat ini onic esport didukung oleh Perusahaan cabang dari filipina dengan merekrut kairi sebagai player jungler  dan yeb sebagai pelatih yang baru mendamping analisis adi, onic sekarang merupakan tim tampa celah yang sangat susah untuk di kalahkan,bahkan dari semua tim di dunia hanya ada 1 yang bisa mengalahkan onic yaitu apbren dari rilipina dengan sangat susah karena mereka berdua sedang dalam masa keemas an yang dimana itu sangat sulit untuk menaklukan onic, saat final m5 belum lama ini apbren mengalahkan onic dengan skor pertandingan yang sangat sengit yaitu 4-3 dan membuktikan bahwa apbren lebih kuat dari onic.

Dengan adanya pembuktian dari onic esport yaitu dengan cara mereka meningkatkan pemain mereka dengan percobaan dengan cara mengambil para pemain berbakat dari setiap daerah dan luar negri dengan cabang dan menambah ketertarikan fans dengan onic esport yaitu dengan merekrut brand ambassador seperti cewek yang cantik agar menambah ketertarikan dari sponsor peran Brand Ambassador memiliki peran yang cukup besar karena mereka berfungsi sebagai wajah tim E-sports dan alat promosi yang sangat efisien. Faktor lain yang berperan dalam memengaruhi penjualan produk dan citra merek Onic Supply Id adalah jumlah pengikut atau pelanggan yang besar di media sosial. Keberadaan pengikut tersebut secara efektif mendukung tugas Brand Ambassador sebagai perwakilan dari Onic Supply Id. Jadi begitulah Kerajaan sang raja langit terbentuk dari tahun 2019 sampai sekarang dengan berbagai masalah dan penjuangan yang tidak usah diragukan lagi kesiapan sang raja langit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline