Lihat ke Halaman Asli

Pancaroba? Mahasiswa enggak Boleh Sakit

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Hallo guys ketemu lagi bareng gue nih Ichsan, kali ini gue mau berbagi cerita and tips nih seputar yaa…mahasiswa lah. Oke guys sekarang kita udah masuk musim pancaroba nih atau musim hujan, nah biasanya musim hujan kaya gini biasa laaaah,,, anak kos suka males banget tuh kalo ngampus, pengennya diem di kosan tidur ngangetin badan karna dingin kan musim hujan hehehe.

Mahasiswa cenderung sering mengalami stress guys, tugas yang datang silih berganti, kegiatan organisasi, dan kegiatan lainnya yang banyak menguras tenaga. Tidur yang kurang dan mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi adalah penyebab utama mahasiswa mudah terserang penyakit, terlebih saat musim hujan tiba yang mana kondisi dan pertahanan tubuh cenderung melemah dengan cuaca yang berubah secara tiba-tiba.

Menumpuknya kegiatan yang ada di kampus, membuat kita tidak lagi memperhatikan pola makan yang sehat dan teratur. Padahal, itu bisa menimbulkan gangguan kesehatan bagi kita di masa yang akan datang. Jika daya tahan tubuh menurun, maka bukan hal yang mustahil jika penyakit mudah menyerang. Apalagi, jika kita banyak berinteraksi dengan banyak orang baru.  Sebenarnya apa saja sih penyakit yang mudah menyerang mahasiswa saat musih hujan? Yuk, simak ulasan gue berikut ini:

Flu

Flu merupakan penyakit yang biasa menyerang mahasiswa. Influenza adalah penyakit gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh virus. Penyakit flu ini ditandai dengan adanya lendir yang menyumbat sistem pernapasan guys. Gejalanya bisa beraneka ragam, kita akan mengalami demam tinggi, batuk, dan sakit kepala.

• Cara untuk menghindarinya

Setiap musim hujan, penyakit flu ini mudah sekali menyerang. Cara menghindarinya ialah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Cuci tangan setelah melakukan aktivitas apapun dan istirahat yang cukup. Jangan sering menyentuh muka jika tangan kita tidak steril.

• Cara mengobatinya

Flucadex dan dekongestan adalah salah satu obat yang ampuh untuk mengobati flu. Istirahat yang cukup dan minum banyak air. Jika flu menyerang lebih dari 3 hari, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendeteksi penyakit flu itu lebih lanjut.

Penyakit Mata Menular

Penyakit mata menular. Sebagian besar kasus penyakit mata yang menular disebabkan oleh virus dan bakteri. Secara umum, konjungtivitis bakteri akan menghasilkan banyak drainase kuning di mata kita sepanjang hari. Dengan konjungtivitis viral, orang mungkin memiliki beberapa pengerasan kulit dan debit ketika mereka bangun di pagi hari, tapi siang hari drainase biasanya berair dan tidak tebal dan kuning.

• Cara untuk menghindarinya

Satu-satunya cara untuk mencegah infeksi adalah melalui sering cuci tangan, terutama jika kita habis melakukan kontak dengan seseorang yang memiliki penyakit ini. Ini semua lebih penting. Infeksi dapat menyebar sangat cepat melalui kontak mata. Bukan berarti kita harus menghindari orang yag memiliki penyakit mata, melainkan kita harus mengurangi intensitas bertemu dengan orang yang mempunyai penyakit mata ini.

• Cara mengobatinya

Konjungtivitis biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari, tetapi ada baiknya kita tidak keluar rumah selama beberapa hari hingga penyakit kita ini sembuh total.

Nah sakit mata dan flu sangat rentan guys menyerang tubuh kita saat musim hujan, maka dari itu kita kan mahasiswa yang super-duper sibuk kuliah, tugas, organisasi, harus tetap sehat and bugar guys, ini saran gue buat temen-temen supaya tetap sehat meskipun musim hujan kaya sekarang ini.

Siapkan perangkat "P3K"

Siapkan seperangkat benda yang akan membantu kita di saat sakit. Perlengkapan ini bisa berupa kotak yang berisikan obat-obatan, tisu, sup instan, obat batuk, dan benda lainnya yang mungkin kita perlukan ketika sakit.

Tentu kita enggak mau keluar rumah/kos hanya untuk membeli barang-barang tersebut ketika sakit, kan? Selain itu, siap sedia seperti ini juga akan mempersingkat masa sakit kita.

1.Istirahat, istirahat, istirahat

Jadwal yang padat, teman sekamar yang sering mengganggu, dan kehidupan sosial yang begitu menarik, tentu akan membuat kita kesulitan mengambil waktu untuk rehat sejenak. Tetapi ingat, jika tidak berisitirahat, sakit kita malah akan semakin parah, atau akan berlangsung lebih lama. Tubuh kita butuh menyembuhkan dirinya ketika kita sakit, dan istirahat adalah cara terbaik untuk mencapai kesembuhan itu.

2.Minum banyak cairan

Cairan akan merehidrasi tubuh kita, dan menjaganya tetap sehat. Pastikan untuk minum cukup cairan, bisa berupa air putih, sup, atau jus buah. Ketika sakit, kita boleh saja minum susu hangat, tetapi batasi jumlahnya karena susu dapat merangsang produksi lendir di tenggorokan.

3.Makan sehat

Pola makan sehat selalu penting, dan lebih penting lagi ketika sedang sakit. Jika kita tinggal di asrama yang tidak menyediakan dapur, atau keadaan tidak memungkinkan kita untuk memasak makanan sendiri, maka cobalah mengonsumsi banyak buah dan sayuran. Kedua jenis makanan ini mengandung banyak vitamin yang akan membantu kita lebih cepat pulih.

4.Minum obat

Kuncinya adalah meminum obat yang tepat, dengan dosis yang tepat, dan waktu yang tepat pula. Jangan sembarangan minum obat tanpa memperhatikan kandungannya. Kita harus pintar dalam urusan minum obat ketika sakit.

Jika meminum obat pasar, pastikan kita mengikuti petunjuk penggunaannya, atau berkonsultasilah dengan dokter.

5.Pergi ke dokter

Tiap kampus biasanya memiliki pusat kesehatan mahasiswa yang berada di sekitar wilayah kampus. Memang malas nian rasanya bangkit dari tempat tidur dan memaksakan diri berkonsultasi dengan dokter di sana. Tetapi hal ini akan sepadan, kok. Apalagi jika ternyata penyakit yang kita rasa lebih serius dari yang kita duga.

Selain itu, jika dokter menyuruh kita istirahat, maka dia akan memberikan surat keterangan sakit untuk kita berikan kepada dosen. Ingat ya, jika sang dokter memberikan resep obat, pastikan kita menebus obat tersebut dan meminumnya sesuai dosis dan aturan minum yang ditentukan. Bahkan, di saat kita merasa sudah baikan sekali pun.

6.Hubungi dosen

Jika sakit yang kita rasa membuat kita harus absen kuliah, maka akan lebih baik jika kita memberi tahu langsung dosen pengampu mata kuliah. Kita bisa menelepon atau mengiriminya email di awal masa sakit ketimbang muncul beberapa hari kemudian meminta tolong agar boleh ikut kuis susulan.

Cara ini akan menunjukkan kepedulian kita pada perkuliahan, dan tidak lantas membuat kita terlihat seperti ingin membolos. Para dosen pun akan lebih mudah menolong kita jika kita menghubungi mereka lebih dahulu.

7.Coba belajar

Enggak ada salahnya kok belajar sedikit demi sedikit meski sedang sakit, apalagi jika kita sakit menjelang masa ujian. Kita enggak mau nilai-nilai kita turun, kan? Tapi ingat, jangan diforsir, ya!

Nah guys cuman ini yang bisa gue share buat temen-temen, mudah-mudahan kita semua diberi kesehatan, dan kelancaran dalam perkuliahan meskipun musim hujan kaya sekarang nih, tetap jaga kesehatan karena sakit itu mahal guys, apalagi buat anak kosan hehehe, kenapa sakit mahal? ya mahal beli obat lah, dari pada beli obat mending beli makanan kan ? bener gakkk ? hehehehe

See you next time kawan !




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline