Lihat ke Halaman Asli

Jangan Datang Tepat Waktu !

Diperbarui: 24 Juni 2015   15:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Semua orang pasti pernah merencanakan sebuah acara atau janji untuk bertemu dengan orang lain. Mulai dari anak-anak yang merencanakan untuk bermain bersama temannya sampai dengan pertemuan dan rapat bisnis para orang dewasa. Ketika kita merencanakan suatu acara atau pertemuan, pasti kita akan menentukan kapan kejadian itu akan berlangsung. Kita pasti mencari waktu yang sekiranya dapat dihadiri oleh seluruh pihak yang terlibat dalam acara tersebut.

Dalam suatu acara, pasti ditentukan kapan waktu mulai dan berakhirnya acara tersebut. Apa yang biasanya dikatakan oleh sang pembuat acara ketika mengundang orang lain? Harap datang tepat waktu adalah hal yang biasa dikatakan. Tertulis, terucap, maupun tersirat, semua yang membuat rencana pasti menginginkan acaranya untuk terlaksana dengan baik dan terkontrol sesuai rencana, oleh karena itulah mereka mengharapkan tamu-tamunya untuk datang tepat waktu.

Apakah datang tepat waktu itu suatu hal yang baik ? selama ini itu adalah prinsip standar yang kita anut. Datang tepat pada waktu yang direncanakan dianggap sebagai tanda kedisiplinan dan menunjukkan bahwa orang yang melakukannya memiliki kebiasaan baik atau keteraturan. Tapi apakah benar datang tepat waktu adalah suatu hal yang baik?

Bila anda ingin bepergian ke suatu tempat yang agak jauh, ke luar kota, provinsi, pulau, ataupun luar negeri anda dapat menggunakan jasa angkutan transportasi umum seperti bus, kereta, kapal laut atau pesawat terbang. Keempat jenis angkutan transportasi umum ini sudah pasti memiliki jadwal kedatangan dan keberangkatan yang ditentukan. Apakah yang anda lakukan pada hari anda dijadwalkan untuk berangkat, apakah datang tepat pada waktu yang ditentukan pada tiket yang anda beli?

Moda transportasi umum yang memiliki jadwal keberangkatan biasanya akan berangkat tepat pada waktu yang ditentukan. Apa yang akan terjadi bila anda datang tepat pada waktu yang tertera pada jadwal atau tiket? Kemungkinan besar anda akan tertinggal untuk naik kendaraan tersebut. Maka yang anda lakukan adalah datang beberapa saat sebelum waktu yang ditentukan pada tiket.

Datang lebih awal dari waktu yang ditentukan akan membuat anda memiliki waktu untuk melakukan pengecekan terhadap perlengkapan anda. Datang lebih awal sebelum meeting dimulai akan memberikan anda waktu untuk mempersiapkan dan menenangkan diri. Datang lebih awal sebelum mulainya acara akan menghindarkan anda dari ketinggalan momen penting di acara tersebut. Di Bandar udara, maskapai akan selalu meminta anda untuk datang lebih awal dari waktu pemberangkatan untuk proses kargo dan pemuatan penumpang.

Datang tepat waktu tidak selalu merupakan hal yang baik karena terkadang kita harus datang lebih awal untuk mempersiapkan diri untuk hal lain di dalam acara tersebut. Datang lebih awal akan memberikan kita waktu untuk pengecekan dan persiapan akhir sebelum acara dimulai. Oleh karena itu janganlah datang tepat waktu, tetapi datanglah sedikit lebih awal dari waktu yang ditentukan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline