Lihat ke Halaman Asli

Icha Sivana Br Bangun

Content Writer

Langkah Mudah Mahir Social Media Marketing bagi Pelaku UMKM

Diperbarui: 19 April 2022   16:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi pribadi

Langkah Mudah Mahir Social Media Marketing Bagi Pelaku UMKM

Social Media Marketing - Sadarkah Anda di era digitalisasi seperti saat ini para pelaku usaha di tuntut untuk berjualan secara online

Dewasa ini, social media marketing telah menjadi salah satu cara optimalkan performa UMKM. Social media marketing merupakan jenis marketing yang saat ini banyak digunakan. Mudahnya, marketing jenis ini memanfaatkan media sosial dalam proses pemasarannya. 

Sudah tidak sedikit perusahaan yang memanfaatkan marketing jenis ini karena lebih efisien dibandingkan dengan pemasaran konvensional. 

Fenomena social media marketing ini mulai populer disebabkan karena perubahan kebutuhan konsumen. Kembali lagi dimana era digitalisasi ini mulai membawa masyarakat kearah yang lebih modern dan praktis. Tanpa sadar pula, era digitalisasi memaksa pelaku UMKM untuk memanfaatkan media sosial dalam pemasarannya. 

Mengapa social media marketing kini begitu penting? 

Lebih dari 3,2 miliar pengguna media sosial dewasa saat ini, membuktikan bahwa media sosial memang memiliki daya tarik tinggi. Adanya strategi social media marketing ini dapat membantu performa usaha Anda menjadi lebih optimal. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi UMKM untuk menerapkan jenis marketing seperti ini.

Selain jauh lebih praktis, social media marketing membantu Anda memahami konsumen dengan lebih mudah. Seperti apa yang mereka butuhkan, mereka minati hingga seperti apa kebiasaan mereka dalam berbelanja.

Namun, bagaimana jika Anda sendiri sebagai pemilik usaha belum memahami cara menerapkan social media marketing

Eitss, tenang.

Anda bisa menerapkan 5 langkah mudah di bawah agar mahir social media marketing:

  1. Pahami aktivitas konsumen di media sosial

Meskipun sudah hampir 4 miliar pengguna media sosial dewasa aktif, setidaknya mereka hanya menghabiskan waktu sekitar 3 jam saja menggunakan media sosial dengan tujuan apapun. Hal inilah yang menyebabkan mengapa UMKM perlu memperhatikan aktivitas konsumennya, memperhatikan waktu-waktu dimana konsumen aktif bermedia sosial. Di waktu tersebut, tidak menutup kemungkinan peluang besar konten social media marketing yang dibuat langsung menjangkau konsumen. 

  1. Interaksi dengan konsumen

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline