Lihat ke Halaman Asli

Mengejar Impian untuk Meraih Kesuksesan

Diperbarui: 11 Februari 2017   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak Kenal Maka Tak Sayang , ungkapan diatas mungkin lebih tepat untuk kata-kata pada kelas Inspirasi Trenggalek, yang  mana kali ini Kelas Inspirasi Trenggalek 3  merupakan Gerakan Kelas Inspirasi tersebut untuk mengajarkan kepada para profesional kita secara lebih luas dapat belajar mengenal kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan dinegeri kita. 

Dan keterlibatan para profesional dengan realita dunia pendidikan dasar di lingkungannya, serta Indonesia pada umumnya. Beberapa relawan yang diterjunkan di beberapa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Trenggalek KabupatenTrenggalek (SDN 2 Dawuhan, SDN 3 Dawuhan, SDN 1 Sukosari, SDN 1 Sumberdadi,  SDN 3 Sumberdadi, SDN 4 Sumberdadi, SDN 2 Ngares) , kali ini Kelas Inspirasi Trenggalek 3 mengambil  thema tentang "CINTAI LINGKUNGAN' .  dengan tujuan mengajak anak-anak membangun mimpi dalam mengejar cita-citanya kelak  juga mengajak anak-anak sadar akan kebersihan dan selalu mencintai lingkungan disekitarnya, kalau tidak mulai sekarang kapan lagi.  

Tepat pukul 06.00 wib pagi  harus sudah berangkat menuju lokasi sekolah yang telah ditentukan, dimana harus melalui  jalan terjal dan berliku-liku, kanan kiri jalan terlihat pematang sawah dan pegunungan  serta diselimuti hawa dingin yang sejuk, tetapi tidak menyurutkan semangat para Relawan yang nantinya bertugas berbagi cerita  tentang profesi untuk menumbuhkan cita-cita pada anak-anak di beberapa Sekolah Dasar Negeri yang terletak di Kecamatan Trenggalek  Kabupaten Trenggalek  karena sesuai motto “Sehari Mengajar Selamanya Menginspirasi”  dengan tujuan adalah untuk Berbagi Inspirasi dan  dapat menyalakan mimpi anak Negeri. Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar.

Kelas Inspirasi hadir untuk memajukan dan turut mengambil peran dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan di Indonesia. Gerakan Kelas Inspirasi merupakan telur dari gerakan Indonesia Mengajar, mengajak para profesional  khususnya untuk terjun ke sejumlah Sekolah Dasar yang ditunjuk khususnya  di Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek Propinsi Jawa Timur ,dan Hari Inspirasi jatuh pada hari Sabtu  14 Januari 2017. Para profesional akan menjadi relawan pendidikan selama sehari menggantikan peran guru di kelas dengan menceritakan tentang profesi, apa yang mereka lakukan dalam menjalankan profesi mereka, serta berbagi kisah manis bagaimana untuk bisa mencapai profesi yang saat ini mereka jalankan. 

Dengan kata lain para profesional akan berbagi inspirasi untuk membantu anak-anak merangkai mimpi dan cita-cita. Impian bagi seseorang memiliki peran yang sangat penting bagi perjalanan hidupnya di masa yang akan datang, para profesional benar-benar diharapkan dapat memberikan motivasi kepada anak-anak melalui kehadiran langsung bersentuhan dan  berdialog dengan anak-anak. Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru SD diharapkan dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional.  Keberhasilanmenggapai cita-cita tentunya berawal dari sebuah impian. Beranilah bermimpi, Beranilah Segera Bangun dari Tidur dan  Berani mewujudkannya. Cuti satu hari Anda dapat menginspirasi anak-anak seumur hidup!

Semua pihak percaya bahwa ini bukan tentang diri relawan, bukan tentang para pengurus sekolah tetapi demi anak-anak Indonesia yang akan lebih percaya diri dan siap berjuang menyongsong cita-cita mereka. Konsepter bentuknya cita cita itupun tak lepas dari angan angan yang selalu dimimpikan. Dan di mulai dari mimpi inilah seseorang akan mempunyai gambaran atau harapan yang akan di capai di masa yang akan datang. Memiliki cita-cita sangatlah penting, begitupun dengan usaha untuk menggapainya. Kerja keras sangat di butuhkan dalam hal ini.

Dalam arti mengejar impian harus bersungguh-sungguh. Tidak peduli sesulit apapun cobaan dan rintangan yang harus dihadapi dengan tabah, kerja keras dan pantang menyerah. Sebuah kata bijak yang di ambil dari hadist Islam menyatakan “manjadda wa jadda“, barangsiapa yang bersungguh-sungguh pasti ia akan mendapatkannya. Sehingga ungkapan kata motivasi kejarlah cita-citamu setinggi langit dapat diaplikasikan dalam kehidupansehari-hari melalui tindakan nyata.

Cita-cita yang kuat harus dibedakan dengan angan-angan. Cita-cita akan diwujudkan secara nyata melalui tindakan. Halangan dan rintangan tidak membuat mereka menyerah. Mereka pantang menyerah, terus berjuang dan belajar mewujudkan cita-cita mereka. Tidak ada kata putus asa dalam benak mereka dalam rangka meraih cita-cita.

"SEMUA MIMPIMU AKAN TERWUJUD ASALKAN PUNYA KEBERANIAN UNTUK MENGEJARNYA" (WALT DISNEY)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline