Lihat ke Halaman Asli

Mesin Pertumbuhan

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14173660501266356805

Revolusi industri ditandai dengan terjadinya titik balik yang besar dalam sejarah dunia, hampir ½ aspek dalam kehidupan dipengaruhi oleh revolusi industri, khususnya dalam peningkatan pertumbuhan penduduk dan juga pendapatan rata-rata yang belum pernah terjadi sebelumnya.(dalam dua abad, pendapatan rata-rata perkapita negara-negara meningkat 6 kali lipat.Kata robert emerson lucas bahwa “untuk pertama kalinya dalam sejarah, standar hidup rakyat biasa mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan. Perilaku seperti ini belum pernah terjadi sebelumya”

Revolusi indurstri ini muncul pada periode antara tahun 1750-1850, pada saat itu terjadi perubahan secara besar-besaran di berbagai bidang seperti pertanian, perdagangan, transfortasi, teknologi juga manufaktur. Revolusi industri ini mengakibatkan dampak yang menddalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia. Revolusi ini pertama dimulai di britania raya lalu menyebar ke seluruh bagian eropa barat,amerika utara, jepang lalu keseluruh pelosok bumi.

Sebagai revolusi industri. Revolusi ini dikatakan sebagai suatu rangkaian interakssi politik,ekonomi,sains,dan teknologi. Revolusi ini dianggap sebagai pemicu lahirnya perubahann pada pola kehidupan serta tatanan sosial. Sebagai contoh seperti penggunaan tenaga mesin yang meluas dilakukan di pabrik dan industri, tempat kerja yang terpisah dari rumah, dan munculnya kelas buruh dan majikan serta tumbuhnya konsumerisme dan aneka barang hasil industri.

Dampak lain karena timbulnya revolusi industri ialah timbulnya paham-paham baru seperti istilah nasionalisme,kapitalisme,liberalisme,sosialisme dan demokrasi. Paham ini muncul pertama kali akibat terjadinya revolusi industri dan juga revolusi prancis. Revolusi industru juga menyebabkan berubahnya struktur masyarakat. Dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, timbul kelas-kelas masyarakat. Di tangga sosial terbawah adalah para kelas proletariat/buruh dan pada kelas menengah yaitu kaum para konsumen produk dan orang-orang yang mampu membeli produk-produk,serta bisa membangun hunian baru. Kesenjangan sosial antara kaum menengah dan kaum buruh yang menyebabkan berkembangnya paham sosialisme marxisme yang di kembangkan oleh karl marx.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline