Lihat ke Halaman Asli

Brent Spar, Penampungan Minyak di Dasar Perairan Laut

Diperbarui: 22 November 2017   18:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pembahasan ini akan menjelaskan tentang brent spar. Sejarah awal brent spar adalah pada tahun 1994 ada dua tangki minyak raksasa yaitu Shell dan Exxon. Shell dan Exxon ada permasalahan terkait dengan pelepasan pelampung penyimpanan minyak yaitu bren spar. Shell menugaskan kurang dari 30 studi terpisah untuk mempertimbangkan teknis, keamanan, dan implikasi lingkungan dari pembuangannya. Shell muncul dengan beberapa macam pilihan yang berbeda, pertama yaitu pembuangan lahan, menenggelamkan pelampung di lokasi saat ini, dekomposisi pelampung di tempat, dan deep sea dumping di perairan Inggris.

Setelah melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap opsi-opsi ini, Shell menerapkan opsi yang keempat, alasan ini karena biaya yang cukup rendah dengan sedikit dampak lingkungan yang ditimbulkan. Dalam menghadapi tingkat oposisi ini, pada tanggal 20 Juni, rencana itu dibatalkan, maka tenggelamlah Brent Spar, hanya beberapa jam sebelum hal itu terjadi. Tenggelamnya ini menyebutkan masalah ekonomi akibat boikot tersebut. Pemerintah Inggris merasa dikhianati, dan Minim Energi.  Tim Eggar, menyatakan bahwa Shell seharusnya pergi melalui pembuangan laut dalam karena itu adalah BPEO.

Setelah pembalikan Shell pada tenggelamnya bran spar. Greenpeace mengeluarkan sebuah pernyataan dan bertepuk tangan atas tindakan tersebut dan mereka  mengumumkan bahwa hal tersebut akan membantu Shell untuk menemukan lingkungan yang dapat diterima oleh semua orang pada saat itu. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Shell,  risiko yang ditimbulkan oleh tenggelamnya Brent Spar diukur dari berbagai risiko pekerjaan paling tinggi dengan pembongkaran tanah dan terendah dengan di tempat tenggelam. Risiko lingkungan juga rendah untuk pembuangan minyahk di dalam laut. Menurut studi ini, tenggelamnya Brent Spar di laut dalam tidak berpose pada masalah lingkungan yang signifikan.

Ada tiga faktor yang memastikan Brent Spar tetap berada di agenda media. Berikut beberapa faktornya. Pertama, ada gambar yang baik, yang sebagian besar disediakan oleh Greenpeace. Kedua, ada serangkaian faktor negatif kepada para pendukung Brent Spar. Ketiga, kontroversi carne mendominasi pertemuan nasional Seperti yang telah kami jelaskan di atas, fitur itu ditampilkan di dalam konferensi Laut Utara yang diadakan di Denmark.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline