Lihat ke Halaman Asli

Teori Persuasi Terhadap Pengembangan Pelayanan Publik "Pro Environmental"

Diperbarui: 17 November 2017   14:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pembahasan ini bertujuan untuk memberikan beberapa panduan khusus guna membantu untuk menciptakan kampanye layanan masyarakat pro lingkungan yang efektif atau biasa dikatakan dengan PSA. Orang yang akan melakukan kampanye didorong untuk dapat merancang atau mengidentifikasi juga menyelidiki target audiens dan kemudian menguji reaksi para terget audiens menggunakan beberapa pesan yang akan disampaikan seperti melalui iklan layanan masyarakat.

Iklan layanan masyarakat dirancangkan untuk memberi informasi dan juga menginduksu perilaku tertentu kepada masyarakat menggunakan pendekatan media massa. Misalnya seperti televisi, atau video di internet. Ada keuntungan menggunakan iklan layanan masyarakat ini adalah dapat mempromosikan perilaku yang ingin ditunjukan kepada masyarakat agar pikiran masyarakat dapat berubah dan perilakunya pun berubah karna adanya kampanye dari iklan layanan masyarakat tersebut. iklan layanan masyarakat yang berhubungan dengan lingkungan ini berfokus pada perubahan perilaku masyarakat. Dalam kasusnya, pesan dari Iron Eyes Cody bahwa mereka menampilkan lingkungan yang penuh dengan sampah.

Ada banyak penelitian persuasi yang didalamnya membahas mengenai perubahan sikap dan perilaku yang sesuai dengan harapan. Akan tetapi, iklan layanan masyarakat biasanya dirancang untuk melihat aspek-aspek atau komponen-komponen perubahan sikap dan juga perilaku. kampanye yang disampaikan yaitu pro environmental ini menghadapi masalahbyang khusus. Karena didalam pesan tersebut ingin mengarahkan perilaku yang tidak akan terjadi sampai nanti. Kampanye ini juga memberikan panduan khusus untuk membantu menciptakan iklan layanan masyarakat yang efektif.

Ada tokoh yang juga memberikan panduan terkait kampanye ini yaitu MCGuire (1989) beliau memberikan panduan yang berguna untuk menciptakan kampanye komunikasi publik yang sangat efektif. Beliau menggambarkan bagaimana teori fundamental tentang struktur dan motivasi seseorang yang dapat memengaruhi tanggapan orang tersebut juga. Aspek penting dari pesan narasumber seperti umur, status sosial, jenis kelamin, ekonomi, kredibilitas, dan daya tarik. Faktor pesan yaitu panjang, pengulangan, gaya kirim pesan, kecepatan bicara. Faktor saluran yaitu televisi, radio, majalah ataupun koran. Faktor penerimanya yaitu gaya hidup, pendidikan, jenis kelamin, dan juga umur. Itulah beberapa faktor yang terpenting dalam kampanye persuasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline