Lihat ke Halaman Asli

Icen

Saya Icen, Mahasiswi D4 Hotel 2019 Sekolah Pariwisata Trisakti.Saya penerima penghargaan Beasiswa Unggulan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mempelajari Metode Proses Membuat Saus Kontinental yang Sederhana dan Enak

Diperbarui: 27 Maret 2023   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hai, Saya Icen Mahasiswa D4 Perhotelan 2019 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti DKI Jakarta. Saya Merupakan Mahasiswi Penerima Penghargaan Beasiswa Unggulan Kementrian Pendidikan. Saya harap dapat membagikan sesuatu yang sangat bermanfaat. Trimakasih.

Saus merupakan salah satu komponen yang penting dalam hidangan Kontinental, Saus juga berperan sebagai penambah cita rasa dan daya tarik makanan di samping bumbu (seasoning). Mempelajari pembuatan Saus Kontinental kita juga harus bisa menguasai bumbu dasar terlebih dahulu, antara lain bechamel sauce, veloute sauce, brown sauce, tomato sauce, hollandaise sauce, mayonnaise, dan vinaigrette.

  A. PENGERTIAN DAN FUNGSI SAUSCE KONTINENTAL

Sauce merupakan cairan (misalnya kaldu atau sari buah) yang dikentalkan dengan pengental (thickening agent) sehingga bertekstur setengah cair. sauce tidak pernah disajikan sendiri tetapi disajikan bersamaan dengan daging, ikan, unggas, pasta, sayuran hingga berbagai jenis kue manis. contoh makan kontinental yang di sajikan dengan sauce : sundae classic puding, salad chicken sauce fresh mayonnaise, ravioli stuffed with chicken and mushrooms flavored with sage and served on beefroot, banana split dan fish steak mushrooms sauce. Sauce untuk ukuran per porsi hidangan sebanyak 50-90 ml.

Secara umum , sauce memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Menambah cita rasa atau kelzatan di hidangan.

2. Meningkatkan penampilan hidangan.

3. Memberikan kelembapan pada makanan sehingga makan yang kering terlihat sedikit basah.

4. Memperkaya aroma hidangan, tetapi tidak menutupi aroma asli dari hidangan utamanya.

5. Mempertinggi nilai gizi, misalnya sayuran diberi mayonnaise artinya sayuran tersebut ada tambahan protein dan lemak yang terkandung di dalam mayonnaise.

  B. STANDAR KUALITAS SAUCE

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline