Lihat ke Halaman Asli

Awal Kampanye Prabowo-Gibran: Susu dan Makan Siang Gratis untuk Semua

Diperbarui: 29 November 2023   14:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: Unsplash

Dengan awal kampanye yang tidak konvensional, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran memulai musim pemilu dengan mendistribusikan susu dan makan siang gratis. Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, menyatakan bahwa setiap pasangan calon mengadopsi strategi yang berbeda, dan pilihan mereka adalah memberikan makanan dan susu secara cuma-cuma.

"Pada hari pertama kampanye, setiap pasangan memiliki strategi masing-masing. Ada yang segera tampil di hari pertama. Namun kami, sebaliknya, menyajikan program makan siang dan susu gratis," ungkap Rosan dalam sebuah pertemuan di pusat media TKN Prabowo-Gibran di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (28/11/2023).

Ketika ditanya tentang sumber pendanaan untuk program ini, Rosan menyebutkan bahwa inisiatif susu dan makan siang gratis ini merupakan sumbangan sukarela dari tim kampanye nasional (TKN) dan tim kampanye daerah (TKD).

"Dengan sumbangan sukarela kami sendiri dari tim TKN dan TKD, ini adalah pendanaan kami sendiri. Distribusi (susu dan nasi) dilakukan oleh TKN dan TKD," ungkap Rosan.

Rosan menyatakan bahwa program susu gratis akan berlanjut jika Prabowo-Gibran terpilih dalam Pemilihan Presiden 2024. Program ini akan melibatkan kementerian terkait seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Desa, dan Kementerian Kesehatan.

"Jika Pak Prabowo dan Mas Gibran terpilih sebagai Presiden Indonesia, kami akan melibatkan kementerian-kementerian seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Desa, dan Kementerian Kesehatan," ujar Rosan.

Rosan mengungkapkan alasan di balik keputusan TKN Prabowo-Gibran untuk menjalankan program susu gratis di awal kampanye. Tujuannya adalah untuk menilai hasil pelaksanaan selama tiga bulan ke depan.

"Tetapi ini agar kita mengetahui dalam tiga bulan ke depan nanti pada saat pelaksanaannya, penyempurnaan apa yang perlu dilakukan agar lebih tepat sasaran ke depannya," kata Rosan.

Dia menekankan bahwa inisiatif ini dimulai pada hari pertama kampanye dan dilakukan secara door-to-door, menghindari kerumunan massa.

TKN Prabowo-Gibran juga menyebutkan bahwa program tersebut sudah dimulai sejak hari ini di sembilan kota. Namun, Rosan berharap target 514 kabupaten/kota akan menerima program susu dan makan siang gratis.

"Harapan kita selama kampanye 514 kabupaten/kota sudah melaksanakan semua. Nanti akan menjadi kebiasaan, dan setiap hari tim akan memberikan makan siang dan susu gratis kepada anak sekolah, santri, dan ibu hamil di setiap daerahnya masing-masing," tutup Rosan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline