Lihat ke Halaman Asli

Sastria Wardana

Menulis adalah anugrah

Capres Anies Baswedan Terharu, Disematkan Serban Oleh Tuan Guru Batak

Diperbarui: 3 November 2023   23:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Simalungun-Tuan Guru Batak [TGB] menerima silaturrahmi Capres Anies Rasyid Baswedan berserta Ibu Fery Farhati [Isteri Pak Anies] beserta rombongan di Pondok Persulukan Serambi Babussalam Simalungun. [Jumat, 3 Nop 2023].

Dalam pertemuan khusus dengan Tuan Guru Batak [TGB], Capres Anies sangat bersyukur, berkesan dan terharu ketika disematkan serban sebagai penghormatan dari persulukan. Suasana pertemuan tampak begitu haru, penuh akrab dan bahagia.

"Saya menerima ini sebagai sebuah penghormatan dan amamah, di rumah kami dapat sebuah amanah berupa bangunan kayu 1743 pondok pesantren pertama di Tanah Jawa yang kemudian terbengkalai, oleh orang yang menemukan dititipkan kepada kami, di bangunan itulah Pangeran Dipenogoro mengaji. Saya tidak pernah membayangkan bahwa hari ini Tuan Guru menyampaikan pesan tentang pangeran dipenogoro. Seorang pengikut thoriqot yang membawa perubahan untuk Indonesia," Ungkap Capres Anies Baswedan.

Capres Anies sempat terbata-bata karena begitu haru, ketika merespon pernyataan Tuan Guru Batak menyebut penyematan serban sebagai inspirasi bathin dalam perjuangan pangeran dipenegoro. Ternyata, Capres Anies memiliki kenangan khusus terkait jejak historis perjuangan Pangeran Dipenogoro.

Setelah pertemuan dengan Tuan Guru Batak [TGB] bersama para tuan-tuan guru, capres Anies kemudian berziarah ke Makam Tuan Guru Pertama Syekh Abdurrahman Rajagukguk. Selanjutnya kemudian, menyapa ribuan masyarakat yang telah tumpah dikomplek pondok Persulukan, dimana sebelumnya diberi pakaian penghormatan adat Simalungun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline