Lihat ke Halaman Asli

Rizal Wahid Permana Putra

A lifetime learner

Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Diperbarui: 23 Oktober 2022   05:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL) menjelaskan bahwa pengambilan keputusan yang bertanggung jawab adalah kemampuan seseorang untuk membuat pilihan-pilihan yang konstruktif terkait dengan perilaku pribadi serta interaksi sosial mereka berdasarkan standar etika, pertimbangan keamanan dan keselamatan, serta norma sosial (https://casel.org/core-competencies/). 

Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab sesungguhnya adalah kemampuan yang jika secara konsisten dan berkelanjutan ditumbuhkan dan dibiasakan sejak dini, akan memungkinkan seseorang untuk bertumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan lebih berdaya lenting (resilience) dalam menghadapi segala konsekuensi yang harus dihadapi akibat keputusan yang dibuat dalam hidupnya. 

Lalu bagaimana pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran?

Guru merupakan seorang pemimpin pembelajaran yang mempunyai peran sentral di kelas maupun di luar kelas. Oleh karena itu, dalam pengambilan keputusan yang bertanggung jawab, setidaknya guru harus menganut filosofi Ki Hajar Dewantara.

Bagaimana pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap Triloka memiliki pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran diambil?

Filosofi Pratap Triloka ing ngarso sung tuladha berpengaruh yang besar dalam pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. KHD berpandangan bahwa guru harus mampu memberikan teladan baik kepada murid. Dalam setiap pengambilan keputusan, seorang guru harus memberikan karsa atau usaha keras sebagai wujud filosofi Pratap Triloka ing madyo mangun karsa, yang membantu murid menyelesaikan atau mengambil keputusan terhadap permasalahannya secara mandiri. Dalam hal ini, guru hanya sebagai pamong yang mengarahkan murid menuju kebahagiaan setinggi-tingginya. Hal ini sesuai dengan filosofi Pratap Triloka Tut Wuri Handayani.

Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan?

Salah satu nilai kebajikan universal yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan adalah bertanggung jawab. Sebuah keputusan yang diambil harus mampu dipertanggung jawabkan oleh guru atau pemimpin pembelajaran. Melalui sikap tanggung jawab dari dalam diri, sebuah keputusan yang kita ambil akan mencerminkan bagaimana prinsip diri kita berdasarkan ketiga prinsip pengambilan keputusan, sehingga akan mendorong terwujudnya wellbeing dalam ekosistem pendidikan.

Bagaimana materi pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan 'coaching' (bimbingan) yang diberikan pendamping atau fasilitator dalam perjalanan proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian pengambilan keputusan yang telah kita ambil? Apakah pengambilan keputusan tersebut telah efektif, masihkah ada pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita atas pengambilan keputusan tersebut? Hal-hal ini tentunya bisa dibantu oleh sesi 'coaching' yang telah dibahas pada sebelumnya?

Salah satu tujuan coaching yaitu menggali lebih dalam lagi potensi yang dimiliki oleh seorang guru. Melalui proses coaching, diharapkan dapat menuntun coachee dalam menemukan solusi dan mengambil keputusan yang bertanggung jawab dan berpihak pada murid. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline