Lihat ke Halaman Asli

Ibrahim Zaky Khazimi

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah JKT

Manajemen Dakwah Melalui Amil Zakat

Diperbarui: 14 September 2024   16:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Fungsi Strategis Dakwah: Amil Zakat, selain bertugas mengelola dana zakat, infak, dan sedekah, juga memiliki peran dakwah melalui distribusi dana untuk meningkatkan kesejahteraan umat, mereka menyentuh aspek-aspek sosial, ekonomi, dan spiritual masyrakat.

 pendekatan Manajemen Dakwah melalui Baznas dan Laznas menciptakan program zakat dengan dakwah islam, memberikan pembagian spiritual kepada mustahiq (penerima zakat), dan mempromosikan nilai-nilai kemandirian dan keadilan sosial.

Digitalisasi Dakwah: menyebarkan dakwah melalui media sosial dan website serta mempermudah pembayaran zakat.

persamaan:              perbedaan     hukum    penerima       sifat harta

1. Niat Ikhlas             zakat               Wajib       8 Mustahiq   Habis Dipakai

2. Tujuan Sosial       Infak               Sunnah    Bebas              Habis Dipakai

3. Pahala                     Sedekah         Sunnah    Bebas              Habis Dipakai

                                        Wakaf             Sunnah    Bebas              Abadi

                                        Zakat, Infak, Sedekah Dan Wakaf

" Dalam Manajemen Dakwah Mengelola Urusan Dakwah, Pengelola harus memahami kebutuhan masyrakat dan membangun rencana yang didasarkan pada survei dan studi"

                                                                       

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline