Lihat ke Halaman Asli

Ibrahim

Mahasiswa

Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Organisasi

Diperbarui: 3 Oktober 2020   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menurut Robbins (1994) organisasi ialah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja untuk mencapai suatu tujuan bersama. 

Menurut James D. Mooney pengertian organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mewujudkan tujuan bersama. Organisasi juga merupakan sebuah wadah untuk mencapai tujuan. Ada beberapa ciri-ciri organisasi, diantaranya:

1. Adanya komponen (atasan dan bawahan), yang dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu: komponen makro dan komponen mikro.
komponen makro meliputi: struktur organisasi, lingkungan organisasi, strategi organisasi, budaya  organisasi. Komponen makro meliputi: perilaku individu,  motivasi, kepemimpinan, kekuasaan, konflik, komunikasi.

2. Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)

3. Adanya tujuan, suatu organisasi pasti memiliki tujuan bersama yang akan dicapai. Tujuan dalam berorganisasi juga tidak hanya tujuan untuk kepentingan individu, akan tetapi tujuan bersama. Tujuan Organisasi biasanya juga bukan hanya satu, tujuannya akan terstruktur seperti dilakukan pembagian lagi, yaitu: jangka pendek (tujuan operasional) yang akan menjadi acuan tujuan lainnya, jangka menengah yang waktu pencapaiannya sekitar 1-3 tahun, jangka panjang yang periode waktunya 3-5 tahun.

4. Adanya sasaran, mampu berkontribusi bagi semua orang atau masyarakat.

5. Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati

6. Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
Bentuk-bentuk organisasi:
-organisasi politik
-organisasi sosial
-organisasi mahasiswa
-organisasi olahraga
-organisasi sekolah
-organisasi negara
-organisasi pemuda
-organisasi agama

FUNGSI ORGANISASI

1. Planning(perencanaan), dalam hal ini ada beberapa faktor yang harus digaris bawahi yaitu harus SMART (Spesifik, Measurable, Achievable, Realistic, Time).

2. Organizing, untuk mencapai tujuan dibutuhkan pengorganisasian dalam bentuk organisasi yang tiap jabatannya memiliki tugas, tanggung jawab, wewenang dan uraian jabatan (job deskription). Dengan pembagian ini tugas akan menjadi lebih ringan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline