Lihat ke Halaman Asli

Ibrahim

19 Ilmu Komunikasi 01

Menelusuri Wisata Religi Gunung Pring

Diperbarui: 21 April 2021   18:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Muntilan - Gunung Pring dikenal dikenal dengan wisata religi yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berziarah.

Berletak di Desa Gunungpring yang berada di Kecamatan Munitlan, Kabupaten Magelang, wisata religi Gunungpring selalu didatangi oleh para peziarah. Tempat ziaraj tersebut memiliki pemandangan yang sangat indah karena berada diatas bukit.

Untuk memasuki kawasan wisata tersebut, para wisatawan hanya membayar biaya parkir. Selain tempat yang indah penduduk sekitar juga sangat ramah. Disebut Gunung Pring karena tempat wisatanya berada di bukit dengan ketinggian kurang lebih 400 meter diatas permukaan laut serta dipenuhi pohon bambu dan berada ditengah desa.

Untuk mencapai puncak, wisatawan harus menaiki ratusan anak tangga. kurang lebih 20 menit untuk sampai di puncaknya, walau hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat, tetapi akan mengabiskan banyak tenaga.

Terdapat makam dari seorang wali tanah jawa yakni Kyai Raden Santri (Pangeran Singosari Mataram Islam) dan terdapat jugasebuah mushola yang diberi nama Mushola pangeran Singosari yang berada di puncak.

Selain Makam, Gunungpring terdapat pesantren yang sudah sangat tua, nama pesantren itu adalah Pesantren Watu Congol yang didirikan oleh Mursyid Tarekat Syadziliah yaitu Kyai Nahrowi Dalhar.

Kyai haji dalhar terkenal sebagai salah satu guru para ulama sekaligus menjadi panutan umat islam didaerah Jawa Tengah.

Sedikit saran dan tips sebelum mengunjungi wisata religi Gunung Pring, Anda perlu menyiapkan keperluan yang dibutuhkan seperti bekal dan minuman, serta jangan lupa mengabadikan momen bersama keluarga maupun teman dan jangan lupa membawa peralatan kesehatan seperti obat-obatan, antiseptik dan lainnya, siapkanlah fisik dan kendaraan anda agar liburan berjalan lancar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline