Lihat ke Halaman Asli

Ib Prabowo

Perorangan

Lebaran : Mudik, Ngumpul dan Berhalal-bihalal

Diperbarui: 26 Juni 2015   13:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Liburan Lebaran 1431H tahun 2010 ini cukup panjang, rata-rata antara 5 - 7 hari, bahakn ada yang meneruskan sampai 12 hari atau lebih panjang lagi. Kesempatan yang pas untuk berkumpul dengan teman-teman, keluarga besar dan wisata.  Baik untuk yang berlebaran atau tidak, liburan panjang ini dimanfaatkan dengan kegembiraan. Ada satu tambahan pada masa teknolgi informasi ini yaitu ber-sms-an dan ber-jejaring sosial.

Mudik

Kata yang ada di Indonesia, mudik merupakan suatu  iaktan bahwa hidup tidak bisa lepas dari teman dan keluarga. Satu tahun bekerja di rantau baik di dalam negeri atau di luar negeri, pada liburan lebaran adalah kesempatan untuk bertemu kembali teman-teman dan keluarga. Sejak jauh hari baik dana, waktu dan persiapan perjalanan sudah ada dipikiran dan niat masing-masing pribadi.

Bisa mudik adalah kesempatan yang sangat menyenangkan, di sisi lain yang belum bisa mudik kesempatan ini diisi juga dengan kegiatan tertentu untuk menyenangkan diri. Saat ini trafik lalu lintas di dalam kota atau antar kota wajib diwaspadai terutama yang merupakan jalur perjalanan lintas antar kota. Bahkan pembelian tiket moda transportasi tertentu telah dipersiapkan jauh-jauh hari seperti bus malam antar kota, kapal laut, pesawat dan travel. Faktor keamanan di perjalanan menjadi perhatian tersendiri masyarakat dan pemerintah.

Berkumpul dengan Teman-teman

Teman kecil atau tetangga yang selama ini memberikan arti pada perjuangan hidup merupakan motivator untuk melangkah ke depan. berjumpa dan ebrcengkerama dengan teman-teman adalah kesan tersendiri. Teman kecil biasanya mengetahui luar dalam pribadi yang kan memberikan dorongan dan kenyamanan dalam memberikan semangat untuk lebih maju lagi. Bertemu dan bercengkerama adalah  rasa kangen yang perlu dipenuhi pada saat masa liburan lebaran ini.

Ngumpul Keluarga Besar

Di Indonesia, ngumpul dalam keluarga besar alias keluarga bapak, ibu, paman, ibu, kakek, nenek dan untuk yang sudah ebrkeluarga dari pihak istri atau suami adalah suatu dorongan yang sangat penting. Banyak hal bisa ditemui pada saat ngumpul bareng ini, selain menghormati yang lebih tua. mohon doa restu dapat juga sebagai wadah untuk saling memberikan suport meski hanya satu tahun sekali. Bahkan untuk keluarga  tertentu ngumpul keluarga ebsar adalah wajib hukumnya.

Berwisata

TEmpat wisata baik di daerah maupun di kota besar, jauh-jauh hari sudah berbenah bahwa akan kedatangan rombongan yang cukup besar paska lebaran dengan keluarga dan teman-teman. Sudah diduga, jalan menuju ke temapt wisata bisa macet dan tersendat. Namun demikian tetap saja tempat-tempat dipenuhi warga yang pulang kampung atau sengaja mendatangi temapt wisata tersebut.

Ber-sms-an dan Ber-jejaring sosial

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline