Lihat ke Halaman Asli

Hakikat Perkembangan Peserta Didik

Diperbarui: 14 Juli 2024   10:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

    Pendidikan merupakan proses yang tak terpisahkan dari perkembangan manusia. Dalam upaya mencapai tujuan pendidikan yang optimal, pemahaman mendalam tentang hakikat perkembangan peserta didik menjadi kunci utama bagi para pendidik dan pemangku kepentingan pendidikan. 

Konsep ini telah menjadi fokus kajian para ahli psikologi dan pendidikan sejak awal abad ke-20, dengan tokoh-tokoh seperti Jean Piaget, Lev Vygotsky, dan Erik Erikson memberikan kontribusi signifikan dalam pemahaman kita tentang bagaimana manusia berkembang dan belajar.
1. Definisi Perkembangan Peserta Didik

Perkembangan peserta didik dapat didefinisikan sebagai proses perubahan progresif yang terjadi sebagai hasil dari proses kematangan dan pengalaman. Proses ini meliputi aspek-aspek berikut:

a) Fisik: Pertumbuhan tubuh dan perkembangan kemampuan motorik.

b) Kognitif: Perkembangan kemampuan berpikir, memori, dan pemecahan masalah.

c) Sosial-emosional: Perkembangan kemampuan berinteraksi dan mengelola emosi.

d) Moral: Perkembangan nilai-nilai dan etika.

e) Bahasa: Perkembangan kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal.

2. Prinsip-prinsip Perkembangan Peserta Didik

Beberapa prinsip kunci dalam perkembangan peserta didik meliputi:

a) Perkembangan bersifat berkelanjutan dan kumulatif. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline