Pendidikan merupakan proses yang tak terpisahkan dari perkembangan manusia. Dalam upaya mencapai tujuan pendidikan yang optimal, pemahaman mendalam tentang hakikat perkembangan peserta didik menjadi kunci utama bagi para pendidik dan pemangku kepentingan pendidikan.
Konsep ini telah menjadi fokus kajian para ahli psikologi dan pendidikan sejak awal abad ke-20, dengan tokoh-tokoh seperti Jean Piaget, Lev Vygotsky, dan Erik Erikson memberikan kontribusi signifikan dalam pemahaman kita tentang bagaimana manusia berkembang dan belajar.
1. Definisi Perkembangan Peserta Didik
Perkembangan peserta didik dapat didefinisikan sebagai proses perubahan progresif yang terjadi sebagai hasil dari proses kematangan dan pengalaman. Proses ini meliputi aspek-aspek berikut:
a) Fisik: Pertumbuhan tubuh dan perkembangan kemampuan motorik.
b) Kognitif: Perkembangan kemampuan berpikir, memori, dan pemecahan masalah.
c) Sosial-emosional: Perkembangan kemampuan berinteraksi dan mengelola emosi.
d) Moral: Perkembangan nilai-nilai dan etika.
e) Bahasa: Perkembangan kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal.
2. Prinsip-prinsip Perkembangan Peserta Didik
Beberapa prinsip kunci dalam perkembangan peserta didik meliputi:
a) Perkembangan bersifat berkelanjutan dan kumulatif.