Lihat ke Halaman Asli

Ibnu Muslim.

Kepala keluarga

Pendidik SMA PGR Bantimurung Melakukan PBM dengan Tosiba AndroidTV

Diperbarui: 7 November 2023   08:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto : WA Grup SMA PGRI Bantimurung 

Bantimurung, 7 Nopember 2023

Halo sahabat literasi, pembaca kompasiana yang budiman. Saya berdoa semoga para pembaca dan penulis di kompasiana senantiasa sehat walafiat. Lewat media ini saya ingin berbagi pengalaman yach. Di SMA PGRI Bantimurung sekarang ini para pendidiknya sedang belajar mengembangkan metode mengajarnya. Hal ini mereka lakukan agar para peserta didik tidak bosan dengan apa yang dilakukan oleh gurunya selama ini. Untuk itu saya sebagai kepala sekolah memfasilitasi media pembelajarannya dengan Tosiba AndroidTV. 

Para pendidik tinggal menyalakan TV Tosiba AndroidTV yang ada di sekolah. Lalu mereka mencari materi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya pada youtube di TV tersebut. Misalnya Ibu Harianti, S Pd yang ingin mengajar Sejarah Wajib Kelas XI IPS. Maka ia tinggal mengetik "Materi Sejarah Wajib Kelas XI IPS" maka muncul beberapa chanel youtube. lalu mereka memilih salah satu youtube yang sesuai materinya. Bersama peserta didik mereka nonton vidio itu. Setelah beberapa menit, mereka melanjutkan diskusi.

Hasil diskusi atau pendapat peserta didik tentang apa yang telah ditonton mereka tulis di HPnya. Kemudian mereka kirimkan ke WA gurunya. Lalu guru bisa menambah pertanyaan yang lain dan siswa menjawab via WAnya masing-masing. Demikian mereka melakukan hingga terakhir mengirim rangkuman materi yang telah ia pelajari. Kegiatan tersebut ibu Harianti, S Pd lakukan dan ternyata peserta didiknya lebih senang dan aktif mengikuti pembelajaran. 

Saya melihat bahwa Ibu harianti, S Pd juga menggunakan google home untuk mempermudah mengoperasikan TV Tosiba AndroidTv yang ia gunakan. Bagaimana pendapat anda mengenai hal ini, salam literasi (IM)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline