A. Teori Perkembangan Jean Piaget
Pada teori perkembangan Jean Piaget salah satunya teori kognitif masih tetap diperbincangkan dan diacu dalam bidang pendidikan. Teori ini mulai banyak dibicarakan lagi kira-kira permulaan tahun 1960-an.
Arti kognitif pada umumnya ialah kemampuan atau potensi intelektual seseorang dalam berpikir, mengetahui , dan memcahkan masalah, dan demikian kognitif berkaitan dengan persoalan yang menyangkut kemampuan untuk meningkatkan kemampuan otak(akal rasional). Dan menurut Piaget perkembangan kognitif mempunyai 4 aspek yaitu sebagai berikut:
- Kematangan
- Pengalaman
-Interaksi sosial
- Ekulibrasi, yaitu adanya kemampuan atau sistem mengatur dalam diri organisme agar dia selalu mampu mempertahankan keseimbangan dan penyesuaian terhadap lingkungannya.
B. Teori Perkembangan Eric Ericson
Dengan pemberian wawasan pengetahuan terkait psikis anak, para pendidik dapat mempelajari ide/teori yang digagas oleh Eric Ericson. Pada dasar teori ini adalah sebuah konsep yang mempunyai tingkatan. Ada delapan tingkatan yang menjadi bagian dari teori psikososial Ericson.
C). Hubungan teori perkembangan dengan proses pendidikan serta permasalahan anak
Terkait hubungan dengan teori-teori yang sudah dijelaskan tadi bahwa ,pada pendidik/guru dapat mengembangkan materi pengajaran pada anak usia dini serta dapat menjadi acuan untuk mencari tambahan wawasan mengenai teori-teori perkembangan pada proses pendidikan.