Lihat ke Halaman Asli

Teori Perkembangan Menurut Para Ahli yang Dapat Menjadi Acuan Pendidik

Diperbarui: 8 Desember 2020   14:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A. Teori Perkembangan Jean Piaget

                   Pada teori perkembangan Jean Piaget salah satunya teori kognitif masih tetap diperbincangkan dan diacu dalam bidang pendidikan. Teori ini mulai banyak dibicarakan lagi kira-kira permulaan tahun 1960-an. 

          Arti kognitif pada umumnya ialah kemampuan atau potensi intelektual seseorang dalam berpikir, mengetahui , dan memcahkan masalah, dan demikian kognitif berkaitan dengan persoalan yang menyangkut kemampuan untuk meningkatkan kemampuan otak(akal rasional). Dan menurut Piaget perkembangan kognitif mempunyai 4 aspek yaitu sebagai berikut:

- Kematangan

- Pengalaman

-Interaksi sosial

- Ekulibrasi, yaitu adanya kemampuan atau sistem mengatur dalam diri organisme agar dia selalu mampu mempertahankan keseimbangan dan penyesuaian terhadap lingkungannya.

B. Teori Perkembangan Eric Ericson

          Dengan pemberian wawasan pengetahuan terkait psikis anak, para pendidik dapat mempelajari ide/teori yang digagas oleh Eric Ericson. Pada dasar teori ini adalah sebuah konsep yang mempunyai tingkatan. Ada delapan tingkatan  yang menjadi bagian dari teori  psikososial Ericson. 

C). Hubungan teori perkembangan dengan proses pendidikan serta permasalahan anak

          Terkait hubungan dengan teori-teori yang sudah dijelaskan tadi bahwa ,pada pendidik/guru dapat mengembangkan materi pengajaran pada anak usia dini serta dapat menjadi acuan untuk mencari tambahan wawasan mengenai teori-teori perkembangan pada proses pendidikan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline