Lihat ke Halaman Asli

Menyemai Biji Kangkung dan Biji Cabai bersama Adik-adik SD 02 Kertasari

Diperbarui: 10 Agustus 2023   18:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Penyemaian Biji Cabai dan Kangkung. Dokpri

Tegal (09/08/2023) -- Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro melakukan edukasi terkait pengenalan teknik penyemaian biji tanaman secara hidroponik kepada murid-murid kelas V SD 02 Kertasari di Desa Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.

Kegiatan ini dawali dengan salah satu perwakilan tim KKN Undip di Desa Kertasari kelompok 2 bernama Ibnu Badawi Tarigan memberikan edukasi mengenai penyemaian biji secara hidroponik kepada anak-anak kelas V SD 02 Kertasari. Bukan hanya memberikan edukasi Ibnu juga mengajak anak-anak SD untuk praktik langsung menyemai biji kangkung dan biji cabai dengan menggunakan rockwool dan juga gelas plastik bekas sebagai media untuk menyemai biji.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan tentang bagaimana cara menyemai dan membangun semangat menanam tanaman pada diri anak-anak SD 02 Kertsari. Anak-anak kelas V SD 02 Kertasari sangatlah antusias dalam mengikuti kegiatan penyemaian dengan sistem hidroponik ini, mereka menyimak dan juga sangat semangat ketika melakukan praktik langsung menyemai. Semangat mereka terlihat dari menjawab pertanyaan seputar penyemaian di akhir sesi dan banyaknya anak-anak yang ingin meminta benih biji sayur kangkung dan cabai yang disediakan untuk dibawa pulang dan ditanam di rumah.

Foto Bersama Siswa-Siswa Kelas 5 Setelah Praktik Penyemaian. Dokpri

Kegiatan ini sangat didukung dan diapresiasi oleh sekolah dan juga guru-guru  SD 02 Kertasari, "kebetulan sekali mas kami mempunyai lahan kosong di belakang sekolah yang tidak terpakai dan dapat dijadikan tempat untuk menaruh tanaman hasil penyemaian ini" ujar Pak Ulul wali kelas, kelas 5 SD 02 Kertasari.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline