Lihat ke Halaman Asli

Ibnu Salis Fitra

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ketua Umum PSSI Buka Suara Terkait Rumor Messi Tidak Ikut Tanding Melawan Timnas Indonesia

Diperbarui: 10 Juli 2023   07:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

FIFA Matchday adalah ajang uji coba resmi yang diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) bagi negara-negara yang terdaftar dalam anggota FIFA. FIFA Matchday masuk dalam kalender FIFA, sehingga tim nasional berhak memanggil pemainnya yang berkarier di luar negeri. Agenda FIFA Matchday ini dijadikan momentum terbaik bagi negara-negara anggota FIFA demi mendulang raihan poin.

Apabila berhasil memanfaatkan rangkaian FIFA Matchday dengan baik, tentu akan sangat membantu bagi setiap timnas meraih poin demi memperbaiki peringkat di FIFA. Setelah kalah dari Argentina, Indonesia harus kehilangan 0,45 poin. Penurunan kecil karena level lawan yang dihadapi. Sebagai catatan, jika mampu menang lawan Argentina, Indonesia akan mendapat 9,55 poin. Jika imbang, pasukan Shin Tae-yong memperoleh 4,55 poin.

Erick Tohir (Ketua Umum PSSI) Hal itu ia sampaikan terkait adanya laporan yang disampaikan jurnalis ESPN Argentina, Leo Paradizo, Messi tak akan ke Indonesia. Dengan beredarnya rumor itu, menjadi kabar yang tidak diharapkan oleh pecinta sepak bola nasional karena mereka ingin menyaksikan langsung permainan Messi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 19 Juni mendatang.

Ketua umum PSSI Erick Thohir menjawab peluang kedatangan Lionel Messi dalam FIFA matchday antara Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina 19 Juni mendatang. Pertandingan ini menjadi peluang besar untuk meningkatkan poin Indonesia yang otomatis akan meningkatkan peringkat dunia sepak bola Indonesia. Dari sinilah Erick meminta semua pihak lebih berfokus pada peningkatan poin sepak bola Indonesia saja, bukan hanya mengejar bermain dengan Messi, salah satu pemain sepak bola terbaik dunia. Kita bertanding dengan tim Argentina, bukan bertanding dengan Messi.

Teknik Negosiasi yang dipakai oleh Erick Tohir adalah Lose-lose. Strategi ini dipilih biasanya sebagai dampak kegagalan dari pemilihan strategi yang tepat dalam bernegosiasi. Akibatnya pihak-pihak yang berselisih, pada akhirnya tidak mendapatkan sama sekali hasil yang diharapkan. Erick Tohir menyampaikan saat bahwa “Meminta semua pihak lebih berfokus pada peningkatan poin sepak bola Indonesia saja, bukan hanya mengejar bermain dengan Messi”. Faktor messi tidak ikut tanding melawan timnas Indonesia adalah pada tanggal (15/6) bertanding melawan Australia di Beijing China. Karena pada laga ini bukan ajang untuk mencari bertemu messi melainkan yang dimaksud oleh Ketua Umum PSSI adalah meningkatkan poin timnas pada ranking FIFA, setelah melawan timnas Argentina Erick Tohir juga sudah melakukan teknik lobi pada beberapa negara seperti portugal, maroko, rusia dan lain-lain tujuan pak erick melakukan ini adalah untuk meningkatkan peringkat Indonesia.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=kDjrpoFcYsY

Nama: Ibnu Salis Fitra

Npm: 20200110400084

Prodi: Ilmu Komunikasi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline