Lihat ke Halaman Asli

Dunia Baru Marketing

Diperbarui: 30 November 2023   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dalam dunia jual beli produk atau jasa srategi pemasaran sangtlah dibutuhkan oleh penjual atau pemilik perusahaan dibidang jasa. Keduanya dituntut pintar dalam membaca tempat dan waktu produk atau jasa tersebut mau dipasarkan, sebab jika mereka tidak mampu dalam mengatur srategi pemasarannya yang menjadi ancaman menurunnya tingkat penjualannya.

Di Era yang serba digital ini ada dunia baru atau strategi baru yang harus diketahui oleh penjual barang atau pemilik perusahaan jasa, yaitu strategi digital marketing?

Digital marketing dilansir dari Wikipedia adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Dari definisi tersebut tentu pembaca langsung paham apa terkait digital marketing. Jadi kesimpulannya bahwa memang benar adanya di Era yang serba digital ini perlunya penjual barang atau pemilik perusahaan jasa untuk mengerti dan paham terkait digital marketing, dengan strategi ini proses pemasaran dapat lebih cepat menjaukan konsumen atau client.

Dari penjelasan diatas dapat sedikit mengerti manfaat dari strategi pemasaran baru ini. Utnuk lebih jelasnya penulis akan menjelaskan lebih rinci terkait manfaat dan kelemahan dari digital marketing. Adapun manfaat dari digital marketing sebagai berikut :

  • Hemat Biaya

Tidak sama dengan strategi pemasaran yang lain. Pemasaran menggunakan jejaring internet ini sangatlah jika kita lihat dari sisi anggaran yang harus kita  keluarkan. Strategi digital marketing sangatlah menghemat pengeluaran anggaran, sebab biaya primer yang harus dikeluarkan hanya untuk pembelian kouta internet dan pembelian akun di platform yang berbayar.

Bahkan ada platform yang bisa digunakan dengan tanpa harus ada harga yang kita bayarakan atau gratis.

  • Jangkauan Luas

Dengan strategi pemasaran dengan bantuan internet ini barang atau jasa yang ingin kita pasarkan dapat menjangkau pasar yang sangat luas. Berbeda dengan marketing konvensional, digital marketing memberikan pada penjual atau pemilik perusahan jasa untuk lebih mudah menjangkau pasar tidak hanya terbatas pada daerah tempat barang dan jasa tersebut dikelola. Seperti contoh sekarang banyak produk lokal Indonesia yang sudah banyak di pasar Internasional dengan bantuan internet.

  • Dapat dilakukan Bersamaan

Dengan adanya dunia baru ini kita sebagai penjual atau pemilik perusahan jasa dapat memasarkan pruduk atau jasa kita kepada bermacam-macam segmen konsumen secara bersamaan.

  • Proses Pelaksanaan yang Cepat

Untuk memberikan bius perhatian konsumen atau client kita tidak membutuhkan waktu yang lama. Sebab dengan adanya pemasaran online ini kamu tidak perlu lagi berbicara panjang lebar seperti strategi pemasaran konvensional, jadi kita dapat menyiapkan iklan pemasaran kita sesingkat dan semenarik mungkin.

  • Lebih Efektif dalam Menjangkau Konsumen atau Client

Kita tidak lagi perlu menggunakan orang ketiga jika kita mau untuk berhubungan dengan konsuen atau client, sebab dengan adanya strategi baru ini kita bisa berhubungan langsung dengan konsumen atau client.

  • Mendorong Brand Engagement

Dengan keefektifan digital marketing kamu dapat dengan mudah memberikan kesan positif kepada konsumen tentang barang atau jasa yang kamu jual. Dengan berhubungan langsung kamu dapat tahu apa yang dibutuhkan oleh konsumen atau client dengan itu kita dapat lebih mudah mengevaluasi kekurangan dari barang atau jasa yang kita buat.

  • Meningkatkan Loyalitas Brand
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline