Lihat ke Halaman Asli

Pengendalian Intern dalam Usaha Fashion

Diperbarui: 15 April 2021   20:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dosen pengampu : Sri Dewi Wahyundaru 

Email : sridewi@unissula.ac.id

I’anatul Masyruroh

Pengertian pengendalian internal menurut para ahli adalah prosedur-prosedur dan proses-proses yang digunakan perusahaan untuk melindungi aset perusahaan, mengelola informasi secara akurat, serta memastikan kepatuhan pada hukum dan peraturan yang berlaku.

Tujuan Pengendalian internal :

  • Untuk mengamankan asset perusahaan.
  • Pencatatan akuntansi, jurnal, dan bukti dengan baik dan benar
  • Operasional yang efektif dan efisien
  • Dipatuhinya aturan-aturan baik internal maupun eksternal

Enam unsur pokok pengendalian Internal :

Ana's Choice merupakan usaha dalam bidang fashion yang menjual beraneka ragam kebutuhan fashion wanita muslimah. Ana's choice menerapkan pengendalian intern dalam perusahaannya.

1.  Lingkungan Pengendalian 

Lingkungan pengendalian meliputi pembagian tugas dan tanggung jawab ,metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan teutama untuk menjaga harta kekayaan perusahaan dan mengecek keandalan akuntansi. 

Pada perusahaan Ana's Choice ini dibagi menjadi 3 departemen :

a. Departemen Produksi, yang bertugas memproduksi pakaian,sepatu,tas,dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline